Menilik Target Timnas Indonesia di ASEAN Cup 2024, Bukan Juara?
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. [PSSI]
07:48
24 Mei 2024

Menilik Target Timnas Indonesia di ASEAN Cup 2024, Bukan Juara?

Sejak dimulai pada 1996, Timnas Indonesia belum pernah memenangkan turnamen sepak bola antar negara-negara Asia Tenggara, Piala AFF yang kini resmi bernama ASEAN Cup. Lantas, apakah target skuad Garuda di ASEAN Cup 2024 nanti?

Timnas Indonesia sendiri selalu berpartisipasi dalam turnamen yang sebelumnya dikenal sebagai Piala AFF ini. Namun, dari 14 kali keikutsertaan, tim Merah Putih belum pernah sekali pun meraih gelar juara.

Timnas Indonesia telah mencapai final enam kali pada edisi 2000, 2002, 2004, 2010, 2016 dan 2020, tetapi selalu kalah sehingga dijuluki spesialis runner-up.

Thailand menjadi juara tujuh kali, diikuti oleh Singapura dengan empat kali, Vietnam dua kali, dan Malaysia sekali.

Baca Juga:2 Faktor Timnas Indonesia Bisa Menang Meyakinkan Lawan Tanzania di Latih Tanding

Akan tetapi, Timnas Indonesia berpeluang besar menjadi juara di edisi ke-15 nanti berkat dominasi pemain-pemain keturunan di skuad saat ini.

Setidaknya ada 12 pemain keturunan yang memperkuat tim, termasuk Jordi Amat, Elkan Baggott, dan Sandy Walsh.

Ditambah tiga pemain dalam proses bergabung, total ada 15 pemain keturunan yang meningkatkan kekuatan Timnas Indonesia belakangan ini. Mereka semua berkarir di luar negeri.

Selain itu, tiga pemain lain yang berkarier di luar negeri adalah Pratama Arhan, Asnawi Mangkualam, dan Marselino Ferdinan.

Akan tetapi, skenario Timnas Indonesia tampil dengan pemain-pemain naturalisasi terbaiknya di ASEAN Cup 2024, yang akan berlangsung 23 November sampai 21 Desember nanti, mungkin akan sulit terwujud.

Baca Juga:Timnas Indonesia Sudah Naik Level, Menpora Sepelekan Potensi Ancaman Vietnam di ASEAN Cup 2024

Pasalnya, turnamen ASEAN Cup bukanlah agenda resmi FIFA, sehingga para pemain keturunan yang berkarier di luar negeri mungkin sulit hadir.

Saat Piala AFF 2022, Shin Tae-yong harus mencoret Elkan Baggott dan Sandy Walsh karena klub mereka tidak melepas.

Ia hanya membawa Jordi Amat, Marc Klok, Saddil Ramdani, Asnawi Mangkualam, Witan Sulaeman, dan Pratama Arhan.

Lalu, apakah ASEAN Cup 2024 penting bagi Timnas Indonesia, mengingat mereka belum pernah juara?

Ketua Badan Tim Nasional, Sumardji, mengakui bahwa PSSI belum memberikan target kepada Shin Tae-yong untuk turnamen ini.

"Kami belum membahas target karena baru saja drawing. Target nanti akan langsung disampaikan langsung oleh Ketua Umum PSSI, Erick Thohir," ucap Sumardji.

Dari hasil drawing, Timnas Indonesia sendiri tergabung di Grup B bersama rival berat ASEAN-nya, Vietnam. Selain Indonesia dan Vietnam, grup ini juga dihuni Filipina, Myanmar dan Laos.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #menilik #target #timnas #indonesia #asean #2024 #bukan #juara

KOMENTAR