4 Pemain Keturunan yang Diprediksi Susah Bela Timnas Indonesia di ASEAN Cup 2024
Timnas Indonesia senior tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua. [BAY ISMOYO / AFP]
13:54
23 Mei 2024

4 Pemain Keturunan yang Diprediksi Susah Bela Timnas Indonesia di ASEAN Cup 2024

Sejumlah pemain keturunan yang menjadi andalan Timnas Indonesia mungkin kesulitan memenuhi panggilan Shin Tae-yong untuk ASEAN Cup 2024 (Piala AFF 2024).

Peluang mereka mendapatkan izin dari klub sangat kecil karena turnamen ini berlangsung di luar kalender FIFA Matchday.

Oleh karena itu, Shin Tae-yong diprediksi akan kesulitan memanggil pemain-pemain kunci untuk kejuaraan yang berlangsung dari 23 November hingga 21 Desember 2024. Berikut ulasannya dari.

1. Nathan Tjoe-A-On

Baca Juga:Dapat Kartu Merah di Cerezo Osaka Berujung Kritikan Netizen, Justin Hubner Justru Tak Baper Nathan Tjoe-A-On di antara para pemain timnas Indonesia (pssi.org)Nathan Tjoe-A-On di antara para pemain timnas Indonesia (pssi.org)

Nathan Tjoe-A-On harus berusaha keras merebut hati pelatihnya saat kembali ke Swansea City setelah masa pinjamannya di SC Heerenveen.

Sejak bergabung pada Agustus 2023, bek kiri 22 tahun ini belum mendapat kesempatan bermain di berbagai ajang, termasuk di kasta kedua Liga Inggris.

Karena itu, peluang PSSI mendatangkan Nathan sangat kecil, dan ia kemungkinan sulit mendapat izin memperkuat skuad Merah Putih.

2. Ragnar Oratmangoen

Winger Timnas Indonesia, Ragnar Oratmangoen merayakan golnya ke gawang Vietnam pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Selasa (27/3/2024). [AFP]Winger Timnas Indonesia, Ragnar Oratmangoen merayakan golnya ke gawang Vietnam pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Selasa (27/3/2024). [AFP]

Shin Tae-yong tampaknya harus mencari alternatif untuk posisi striker. Pasalnya, kans memanggil Ragnar Oratmangoen untuk ASEAN Cup 2024 sangat kecil.

Baca Juga:Maarten Paes Menggila! bawa FC Dallas Menang, Sabet Man of the Match

Musim depan, Ragnar akan kembali ke FC Groningen setelah masa peminjamannya di Fortuna Sittard berakhir.

Meski sering bermain, dari 27 penampilan, ia hanya delapan kali menjadi starter. Ragnar perlu memantapkan posisinya di klubnya terlebih dahulu.

3. Thom Haye

Gelandang Timnas Indonesia, Thom Haye. (Dok. Zingnews)Gelandang Timnas Indonesia, Thom Haye. (Dok. Zingnews)

Masa kerja Thom Haye dengan SC Heerenveen akan berakhir musim ini, dan belum ada kejelasan mengenai klub barunya.

Kemungkinan besar, Haye akan absen membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2024 karena fokusnya pada mendapatkan posisi utama di klub baru.

Kejuaraan ini bergulir di luar jadwal FIFA Matchday, sehingga Haye mungkin harus melewatkan kesempatan tampil bersama timnas.

4. Jay Idzes

Jay Idzes (pssi.org)Jay Idzes (pssi.org)

Jay Idzes kemungkinan besar tidak dapat meninggalkan klubnya, Venezia, untuk berpartisipasi dalam Piala AFF 2024.

Bek berusia 23 tahun ini menjadi andalan Venezia di Serie B. Dia telah tampil dalam 25 pertandingan musim ini, hanya absen karena cedera.

Peluangnya semakin tipis karena Venezia berpotensi promosi ke Serie A, yang membuat kesempatan untuk mengizinkannya meninggalkan klub semakin kecil.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #pemain #keturunan #yang #diprediksi #susah #bela #timnas #indonesia #asean #2024

KOMENTAR