Tensi Panas Shin Tae-yong vs Kim Sang-sik: Pernah Ribut, Kini Bentrok di ASEAN Cup 2024
Perbandingan gaji yang diterima Shin Tae-yong vs Kim Sang-sik. (Kolase Dok. Jeonbuk Hyundai dan PSSI)
08:48
22 Mei 2024

Tensi Panas Shin Tae-yong vs Kim Sang-sik: Pernah Ribut, Kini Bentrok di ASEAN Cup 2024

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memiliki perseteruan masa lalu dengan Kim Sang-sik yang kini merupakan pelatih Vietnam. Kedua tokoh sepak bola asal Korea Selatan itu bakal segera bertemu di ASEAN Cup 2024 atau Piala AFF 2024.

Ya, Timnas Indonesia dipastikan tergabung di Grup B ASEAN Cup 2024 bersama Vietnam, Filipina, Myanmar dan Laos.

Kepastian itu diketahui dari hasil undian fase grup yang berlangsung di Hanoi, Vietnam pada Selasa (21/5/2024) siang WIB.

Hasil ini membuat Shin Tae-yong untuk pertama kalinya bakal berhadapan dengan Kim Sang-sik di level manajerial.

Sebelumnya, Kim Sang-sik sempat jadi anak latih Shin Tae-yong saat juru taktik 52 tahun itu menukangi klub K League, Seongnam Ilhwa Chunma pada 2008 silam.

Saat itu, Shin Tae-yong dan Kim Sang-sik terlibat perseteruan. Shin yang datang ke klub sebagai legenda, melakukan gebrakan di Seongnam.

Ekspresi pelatih Vietnam, Kim Sang-sik (kanan) saat mengetahui timnya berjumpa Timnas Indonesia di Grup B ASEAN Cup 2024 (Piala AFF 2024) dalam acara undian fase grup turnamen tersebut di Hanoi, Vietnam, Selasa (21/5/2024). [Dok. TheThao247/Tangkapan Layar]Ekspresi pelatih Vietnam, Kim Sang-sik (kanan) saat mengetahui timnya berjumpa Timnas Indonesia di Grup B ASEAN Cup 2024 (Piala AFF 2024) dalam acara undian fase grup turnamen tersebut di Hanoi, Vietnam, Selasa (21/5/2024). [Dok. TheThao247/Tangkapan Layar]

Dia memilih untuk mengandalkan para pemain muda, dan Kim Sang-sik yang merupakan salah satu penggawa senior pada akhirnya tersisih dari skuad.

"Kim memulai karier sepak bola di Seongnam selama delapan tahun dari 1999 sampai 2008. Ia membantu timnya mendominasi K League. Banyak yang mengira ia akan bersama Seongnam selamanya," tulis Soha.

"Namun, Shin Tae-yong yang merupakan legenda klub diangkat sebagai pelatih pada 2008. Shin membuat revolusi besar demi membangun timnya dengan mengandalkan pemain muda, sementara pemain lama yang bergaji tinggi masuk daftar hitam."

Momen tersebut membuat Kim marah dan sempat mengkritik Shin Tae-yong dan Seongnam habis-habisan di mana dia terpaksa pindah ke Jeonbuk Hyundai pada 1 Januari 2009.

Bagi Kim, tersingkir dari skuad utama Seongnam Ilhwa Chunma memang menyakitkan. Apalagi, dirinya saat itu juga berstatus manajer sekaligus pemain.

Posisinya sebagai manajer digantikan oleh Shin Tae-yong yang sempat jadi rekannya di Seongnam dalam periode 1999 hingga 2005. Setelahnya, satatusnya sebagai pemain juga harus terdepak dan terpaksa pindah klub.

Konflik masa lalu itu membuat pertemuan Timnas Indonesia vs Vietnam diyakini akan berjalan panas. Adu taktik Shin Tae-yong dan Kim Sang-sik pun sangat dinantikan.

Di fase grup ASEAN Cup 2024, masing-masing tim akan mendapat jatah dua laga kandang dan dua laga tandang.

Vietnam cukup beruntung karena salah satu laga kandangnya akan menjamu Timnas Indonesia di Hanoi pada Sabtu, 30 November 2024.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #tensi #panas #shin #yong #sang #pernah #ribut #kini #bentrok #asean #2024

KOMENTAR