Perseteruan STY vs Elkan Baggott Meruncing, Justin Hubner Berbagi Pengalaman Mengerikan
Pelatih Timnas Indonesia asal Korea Selatan Shin Tae-yong (kanan) berdiri bersama anggota timnya sebelum dimulainya pertandingan sepak bola Piala Asia AFC Qatar 2023 antara Australia dan Indonesia di Stadion Jassim bin Hamad di Doha pada 28 Januari 2024. HECTOR RETAMAL / AFP
07:48
17 Mei 2024

Perseteruan STY vs Elkan Baggott Meruncing, Justin Hubner Berbagi Pengalaman Mengerikan

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY) telah memilih 22 pemain yang akan berlaga di dua laga sisa Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia Grup F, namun pilihan juru taktik asal Korea Selatan itu kembali memicu pertanyaan besar termasuk soal Elkan Baggott.

Selain itu, kabar soal pesawat yang ditumpangi pemain naturalisasi Justin Hubner nyaris nyemplung ke laut juga menjadi sorotan. Pengalaman mengerikan itu dialami Justin ketika bersama klubnya, Cerezo Osaka.

Berikut lima berita seputar sepak bola Indonesia yang paling menarik perhatian pekan ini.

Bek Timnas Indonesia, Elkan Baggott (kanan) Saat Laga Uji Coba Melawan Iran. (pssi.org)Bek Timnas Indonesia, Elkan Baggott (kanan) Saat Laga Uji Coba Melawan Iran. (pssi.org)

1. STY vs Elkan Baggott

Keputusan Shin Tae-yong tidak memanggil Elkan Baggott untuk dua pertandingan terakhir Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia menjadi sorotan.

Sebagaimana diketahui, nama Baggott tidak ada dalam daftar 22 pemain pilihan STY yang diumumkan PSSI, Kamis (16/5/2024), dan berbagai spekulasi pun bermunculan.

Bahkan ada yang menilai keputusan STY tersebut didasari sikap Baggott yang tidak menggubris panggilan Timnas Indonesia untuk Piala Asia U-23 lalu. Ketika itu, Baggott dikabarkan cedera namun ternyata ia turun bermain untuk klubnya.

Selengkapnya: Elkan Baggott Tak Dipanggil ke Skuad Kualifikasi Piala Dunia 2026, Buntut Cuek Saat Playoff Olimpiade Paris 2024?

Marselino Ferdinan berselebrasi setelah menjebol gawang Irak di Piala Asia 2023 (pssi.org)Marselino Ferdinan berselebrasi setelah menjebol gawang Irak di Piala Asia 2023 (pssi.org)

2. Indra Sjafri Tutup Pintu untuk Marselino Ferdinan

Pelatih Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri mengaku tidak akan memanggil bintang tim senior dan U-23, Marselino Ferdinan buat ikut tampil di Turnamen Toulon. Meski secara usia, gelandang serang 19 tahun itu bisa saja bermain.

Turnamen tersebut sejatinya bisa diikuti pemain berusia 22 tahun ke bawah. Namun, Indra Sjafri selaku pelatih Timnas Indonesia U-20 memilih tim yang ikut serta dalam kejuaraan itu adalah murni pemain-pemain yang menghuni skuad Timnas Indonesia U-20.

Selengkapnya: Timnas Indonesia Ikut Turnamen Toulon di Prancis, Indra Sjafri Tutup Pintu untuk Marselino Ferdinan

Bek Timnas Indonesia, Justin Hubner. (pssi.org)Bek Timnas Indonesia, Justin Hubner. (pssi.org)

3. Justin Hubner Nyaris Jumpai Maut

Pemain naturalisasi Justin Hubner menceritakan pengalaman paling pahit dalam hidupnya. Ia nyaris celaka setelah pesawat yang ditumpanginya bersama skuad Cerezo Osaka hampir mendarat di laut lepas.

Selengkapnya: Pesawat yang Ditumpanginya Nyaris Mendarat di Laut, Justin Hubner: Perjalanan Paling Mengerikan di Hidupku

Indra Sjafri dan staf pelatih yang menangani timnas Indonesia U-20 (pssi.org)Indra Sjafri dan staf pelatih yang menangani timnas Indonesia U-20 (pssi.org)

4. Indra Sjafri Bujuk Pemain Keturunan Gabung Timnas Indonesia

Pelatih Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri beberapa waktu lalu ke Belanda memantau pemain-pemain keturunan. Setidaknya, ada tujuh pemain yang ditemui eks juru taktik Bali United tersebut.

Mereka adalah Jens Raven, Xavi Wouldstra, Mauresmo Hinoke, Kaya Symons, Dion Markx, Sacha Deighton, dan D'Leanu Arts.

Tujuh pemain tersebut dibujuk sang pelatih untuk menjajal kemampuan mereka lewat TC, dengan iming-iming mereka punya kans bermain di Serie A bersama Como 1907, klub milik pengusaha Indonesia.

Selengkapnya: Blusukan ke Belanda, Indra Sjafri Kasih Angin Surga ke Pemain Keturunan: Bisa Perkuat Como 1907

Pemain Timnas Indonesia U-23 Witan Sulaeman dan Ernando Ari di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Sabtu (11/5/2024). [Suara.com/Adie Prasetyo]Pemain Timnas Indonesia U-23 Witan Sulaeman dan Ernando Ari di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Sabtu (11/5/2024). [Suara.com/Adie Prasetyo]

5. Witan Dahulukan Kewajiban Agama Ketimbang Timnas Indonesia

Nama Witan Sulaeman juga menjadi sorotan usai diumumkannya daftar 22 pemain Timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Seperti Elkan Baggott, nama Witan tidak ada dalam daftar Shin Tae-yong.

Namun Witan absen bukan karena cedera atau berselisih dengan pelatih, melainkan pilihannya untuk menunaikan haji di tahun ini.

Selengkapnya: Terungkap! Witan Sulaeman Tak Dipanggil ke Timnas Indonesia karena Mau Naik Haji

Editor: Syaiful Rachman

Tag:  #perseteruan #elkan #baggott #meruncing #justin #hubner #berbagi #pengalaman #mengerikan

KOMENTAR