Inspeksi Rumput GBK Sebelum dan Sesudah Konser NCT Dream, PSSI Ultimatum Pengelola
Kondisi rumput Stadion Utama Gelora Bung Karno saat pertandingan antara Indonesia melawan Vietnam (dok. tangkapan layar YouTube RCTI Entertainment)
11:54
16 Mei 2024

Inspeksi Rumput GBK Sebelum dan Sesudah Konser NCT Dream, PSSI Ultimatum Pengelola

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), memberikan ultimatum kepada Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPKGBK) terkait rumput stadion jelang Timnas Indonesia menghadapi Irak dan Filipina pada 6 dan 11 Juni mendatang.

Kualitas rumput Stadion GBK menjadi sorotan setelah tampak dalam kondisi buruk ketika Garuda menjamu Vietnam dalam pada 21 Maret lalu.

Meski kualitas rumput Stadion GBK perlahan terlihat membaik saat menggelar laga Persija Jakarta kontra Persis Solo, kekhawatiran kembali muncul mengingat venue bersejarah itu akan digunakan konser boyband Korea, NCT Dream.

NCT Dream bakal manggung di Stadion GBK pada 18 Mei. Alhasil, PPKGBK cuma punya waktu sekitar 18 hari untuk memulihkan rumput jelang laga Timnas Indonesia vs Irak pada 6 Juni mendatang.

PSSI pun merespons dengan menyambangi Stadion GBK pada 14 Mei. Sekjen PSSI, Yunus Nusi mengecek langsung kondisi stadion.

Selain melakukan inspeksi sebelum konser berlangsung, PSSI juga berencana memeriksa kembali kualitas rumput pasca berlangsungnya konser.

Sekjen PSSI Yunus Nusi saat mengecek rumput Stadion GBK jelang pertandingan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 (dok. PSSI).Sekjen PSSI Yunus Nusi saat mengecek rumput Stadion GBK jelang pertandingan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 (dok. PSSI).

“Mudah-mudahan setelah konser NCT Dream segera dibenahi dan dimaksimalkan pemeliharaannya,” kata Yunus Nusi dikutip dari laman resmi PSSI, dikutip Kamis (16/5/2024).

"Nanti 6 hari setelah konser, saya akan kembali untuk melihat rumput di GBK,” tambahnya.

Selain melakukan inspeksi, PSSI juga memberi ultimatum kepada PPGBK agar benar-benar serius merawat dan memastikan kualitas rumput Stadion GBK maksimal saat digunakan Timnas Indonesia.

"Sudah [komunikasi dengan pengelola GBK]. Saya tekankan kepada GBK untuk rumputnya harus sesuai standar internasional karena ini pertandingan kualifikasi Piala Dunia," ucap Ketua Umum PSSI, Erick Thohir beberapa waktu lalu.

"Jadi bebannya bukan di saya, tetapi di GBK untuk kesiapan rumput," tegasnya.

Timnas Indonesia akan menghadapi Irak dan Filipina dalam dua laga sisa Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada 6 dan 11 Juni di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Garuda hanya butuh satu kemenangan dari dua laga tersebut untuk memastikan tiket lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia menemani Irak yang sudah lebih dulu mengunci tiket tersebut.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #inspeksi #rumput #sebelum #sesudah #konser #dream #pssi #ultimatum #pengelola

KOMENTAR