Profil Sivakorn Pu-Udom, Petugas VAR di Laga Timnas Indonesia vs Irak
Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-udom. (Dok. Tuoitre.vn)
11:24
17 Januari 2024

Profil Sivakorn Pu-Udom, Petugas VAR di Laga Timnas Indonesia vs Irak

Kinerja wasit VAR di laga Timnas Indonesia vs Irak menjadi sorotan netizen Indonesia, salah satu petugas VAR itu adalah Sivakorn Pu-Udom.

Pertandingan Indonesia vs Irak berlangsung di Al Rayyan Stadium, Senin (15/1/2024) malam WIB, di mana Skuad Garuda harus menyerah dengan skor 1-3.

Dalam laga ini, Irak unggul lebih dulu lewat sepakan keras Mohanad Ali di menit 17. Timnas Indonesia sempat menyamakan kedudukan via tembakan jarak dekat Marselino Ferdinan di menit 37.

Irak mampu unggul di pengujung babak pertama usai Osama Rashid mencetak gol di menit 45+7. Namun, gol ini menjadi perbincangan karena dinilai offside.

Wasit pun sempat berkoordinasi dengan petugas VAR di laga ini yaitu Salman Ahmad Falahi asal Qatar dan Sivakorn Pu-Udom dari Thailand.

Meski terlihat jelas ada potensi offside di tayangan ulang, petugas VAR dan wasit sepakat untuk mengesahkan gol kedua Irak.

Di babak kedua, Irak mencetak satu gol tambahan via aksi Aymen Hussein Ghadhban di menit 75. Alhasil, Irak menang 3-1 atas Timnas Indonesia.

Lantas, siapa Sivakorn Pu-Udom ini? Berikut ulasan profilnya!

Profil Sivakorn Pu-Udom

Sivakorn Pu-Udom adalah wasit kelahiran Samut Sakhon, Thailand, pada 26 November 1987. Ia merupakan salah satu wasit yang memiliki lisensi VAR dan FIFA di ASEAN.

Karier sebagai wasit sudah dilakoni Sivakorn sejak muda. Bahkan pada 2013, ia sudah berstatus sebagai wasit elite FIFA.

Bahkan lisensi wasit tinggi yang dimiliki oleh Sivakorn itu membuatnya diundang untuk menjadi pengadil di ajang Liga Super China.

Selain tentunya Sivakorn Pu-Udom juga bertugas di Liga 1 dan 2 Thailand, kompetisi domestik Thailand.

Sivakorn juga tercatat pernah menjadi wasit ajang-ajang internasional baik level klub maupun negara. Di antaranya Liga Champions Asia, Piala AFC, Piala AFF, Piala Asia, SEA Games, hingga sempat ditunjuk memimpin laga Piala OFC U-23, hingga Kualifikasi Piala Dunia.

Selain menjadi wasit di atas lapangan, Sivakorn Pu-Udom punya banyak pengalaman sebagai petugas VAR di berbagai ajang.

Di antaranya pada Piala Dunia U-20 2023, kemudian Liga Champions Asia, Piala Asia U-23 2022, Kualifikasi Piala Dunia zona Asia, hingga Liga 1 Thailand, dan terbaru di Piala Asia 2023.

Kontributor: Aditia Rizki

Editor: Arif Budi

Tag:  #profil #sivakorn #udom #petugas #laga #timnas #indonesia #irak

KOMENTAR