Adu Kekayaan Michael Bambang Hartono vs Erick Thohir, Pemilik Como FC dengan Ketum PSSI
Erick Thohir dan Bambang Hartono. (Dok. Antara)
19:06
12 Mei 2024

Adu Kekayaan Michael Bambang Hartono vs Erick Thohir, Pemilik Como FC dengan Ketum PSSI

Adu kekayaan MichaelHartono Vs Erick Thohir, dua putra Indonesia yang sangat dekat dengan sepak bola dan memiliki kesamaan sebagai pemilik klub di Liga Italia.

Michael Bambang Hartono merupakan kakak dari Budi Hartono, kedua tokoh ini sedang ramai dibicarakan pecinta sepak bola Tanah Air karena promosinya Como 1907 ke Serie A.

Pemilik grup PT Djarum diketahui merupakan bos dari Como 1907, tim yang dibeli saat masih berada di kasta keempat Liga Italia alias Serie D.

Tak pelak lolosnya Como 1907 ke Serie A musim depan menjadi buah bibir dari banyak penikmat sepak bola, tak hanya di Tanah Air tetapi juga di luar negeri.

Sosok pemiliknya pun turut disorot, terlebih perihal harta kekayaan mereka yang ternyata menjadi pemilik klub paling kaya di Liga Italia.

Lantas berapa kekayaan Michael Hartono? jika mengacu pada data Forbes Billionaire Real Time pada 2023 lalu, kekayaan bersihnya mencapai 23,4 miliar dolar AS atau sekitar Rp361,6 triliun.

Sementara itu sang adik, Rober Budi Hartono menumbuhkan kekayaan hingga 127 juta dolar AS atau sekitar Rp1,96 triliun, belum terhitung naiknya kekayaan mereka saat ini.

Kekayaan Hartono bersaudara ini diperoleh dari bidang perbankan dan tembakau, seperti perusahaan rokok Djarum dan investasi di Bank Central Asia (BCA).

Selain itu kedua kakak beradik ini juga memiliki layanan platform belanja online, Blibi, yang sudah terdaftar di Bursa Efek lewat induk, Global Digital Niaga pada 2022 lalu.

Kekayaan itu juga yang membawa Hartono bersaudara berdiri di puncak tabel klasemen orang terkaya di Indonesia hingga saat ini.

Sementara itu Erick Thohir, meski sudah tidak berstatus sebagai pemilik mayoritas Inter Milan, namun sosoknya masih berkutat di dunia sepak bola.

Mengutip data LHKPN 2021, kekayaan Ketum PSSI dan Menteri BUMN itu mencapai Rp2,3 triliun, total harta yang sudah dikurangi utang Rp165 miliar.

Selain kekayaan berbentuk, Erick Thohir juga memiliki perusahaan media seperti PT Mahaka Media Tbk, PT Abdi Bangsa hingga PT Republika Media Mandiri.

Semua perusahaan media Erick Thohir berada di bawah naungan Mahaka Group, selain itu masih ada PT Trinugraha Thohir yang bergerak di sektor energi dan kimia, kontraktor hingga tur dan travel.

Belum lagi saham di klub olahraga, mulai dari klub NBA Philadelphia 76ers, DC United, Inter Milan hingga Oxford United.

Erick Thohir juga pernah memiliki saham klub olahraga lokal, seperti Satria Muda dan Persis Solo, juga Persib Bandung yang disebut-sebut pernah jadi miliknya.

Kontributor: Eko

Editor: Irwan Febri

Tag:  #kekayaan #michael #bambang #hartono #erick #thohir #pemilik #como #dengan #ketum #pssi

KOMENTAR