Wakil Asia Tak Pernah Menang di Playoff Olimpiade, Indonesia Bakal Cetak Sejarah?
Timnas Indonesia U-23 - Kapan Jadwal Playoff Indonesia vs Guinea?
20:12
7 Mei 2024

Wakil Asia Tak Pernah Menang di Playoff Olimpiade, Indonesia Bakal Cetak Sejarah?

Bukan cuma lawan kuat, tapi juga sejarah membuat langkah Timnas Indonesia U-23 semakin berat di playoff Olimpiade 2024.

Timnas Indonesia U-23 asuhan Shin Tae-yong harus menghadapi Guinea di playoff Olimpiade 2024 pada Kamis (9/5/2024) malam WIB.

Secara peta kekuatan, Guinea berada di atas Timnas Indonesia U-23. Bukan cuma itu, sejarah juga membuat makin sulit terlihat peluang Indonesia.

Pasalnya dalam sejarah playoff Olimpiade, belum pernah ada wakil Asia yang berhasil menang hingga akhirnya lolos lewat jalur ini.

Oman tercatat sebagai negara Asia pertama yang mengikuti playoff Olimpiade pada 2012 dengan menghadapi wakil Afrika saat itu Senegal.

Saat itu Senegal menempati peringkat keempat di kompetisi Piala Afrika U-23 2011. Senegal kalah dari Gabon di semifinal dan ditaklukkan Mesir di perebutan tempat ketiga.

Sementara Oman berhasil menempati peringkat satu dalam kualifikasi Olimpiade 2012 zona Asia. 

Pertandingan antara Oman melawan Senegal di playoff Olimpiade 2012 berlangsung pada 23 April 2012 di Stadion City of Coventry.

Senegal U-23 saat itu diperkuat banyak pemain-pemain muda potensial yang saat ini menjadi bintang sepak bola dunia.

Salah satu pemain tersebut adalah Sadio Mane. Senegal yang dipimpin oleh legenda timnas mereka, Aliou Cisse, berhasil mengalahkan Oman 2-0.

Kendati sejarah tidak berpihak kepada wakil Asia di playoff Olimpiade, bukan berarti peluang Timnas Indonesia U-23 tertutup rapat.

Jika mampu mengalahkan Guinea, Indonesia tidak hanya mencatatkan sejarah bermain lagi di Olimpiade tetapi juga menjadi wakil Asia pertama yang menang di playoff Olimpiade.

Kontributor: Aditia Rizki

Editor: Irwan Febri

Tag:  #wakil #asia #pernah #menang #playoff #olimpiade #indonesia #bakal #cetak #sejarah

KOMENTAR