Vietnam Turun Kelas, Kini Cuma Target Lolos Semifinal di AFF dan SEA Games
Timnas Vietnam U-23 tekuk lutut di hadapan Irak dalam perempat final Piala Asia U-23 2024 dengan sejumlah catatan
10:18
7 Mei 2024

Vietnam Turun Kelas, Kini Cuma Target Lolos Semifinal di AFF dan SEA Games

Pelatih baru Timnas Vietnam, Kim Sang-sik, langsung diberikan target setelah resmi menggantikan posisi Philippe Troussier yang dipecat pada Maret lalu.

Namun, alih-alih mendapat target tinggi, federasi sepak bola Vietnam (VFF) dikabarkan cuma meminta Kim Sang-sik membawa The Golden Star Warriors lolos semifinal Piala AFF 2024 dan SEA Games 2025.

Target itu jelas merupakan penurunan mengingat Vietnam merupakan negara yang mendominasi sepak bola Asia Tenggara (ASEAN) dalam beberapa tahun terakhir saat dipimpin Park Hang-seo.

"Kontrak Kim dengan VFF akan berlangsung mulai Mei 2024 hingga Maret 2026," tulis media Vietnam, VNS, dikutip pada Selasa (7/5/2024).

"Targetnya antara lain membawa Vietnam ke semifinal Piala AFF 2024, SEA Games 2025 dan lolos dari babak kualifikasi Piala Asia U23 2026."

Pelatih baru Timnas Vietnam, Kim Sang-sik. (Dok. VFF)Pelatih baru Timnas Vietnam, Kim Sang-sik. (Dok. VFF)

Terdekat, Kim Sang-sik akan mempersiapkan Timnas Vietnam yang akan memainkan dua laga terakhir Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada Juni mendatang.

“Saya telah mempelajari sepak bola Asia Tenggara dan Vietnam selama bertahun-tahun. Saya telah membahas tujuan dan tugas dengan VFF, dan saya yakin dapat memenuhinya," kata Kim Sang-sik.

"Saya berharap dapat membangun tim Vietnam yang kompetitif dan penuh semangat yang akan tampil baik di tingkat regional dan bercita-cita untuk sukses di panggung Asia,” tambah mantan rekan dan anak buah Shin Tae-yong di Seongnam Ilhwa Chunma itu.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #vietnam #turun #kelas #kini #cuma #target #lolos #semifinal #games

KOMENTAR