STY Larang Pemain Timnas Indonesia U-23 Pegang Bola 3 Hari ke Depan usai Dibungkam Irak, Kenapa?
Penyerang Timnas Indonesia U-23, Rafael Struick beraksi di Piala Asia U-23 2024. [KARIM JAAFAR / AFP]
06:00
3 Mei 2024

STY Larang Pemain Timnas Indonesia U-23 Pegang Bola 3 Hari ke Depan usai Dibungkam Irak, Kenapa?

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong (STY), akan melarang seluruh pemainnya untuk berlatih dengan bola selama tiga hari ke depan pasca kalah dari Irak, Jumat (3/5/2024) dini hari WIB.

Timnas Indonesia U-23 takluk 1-2 dari Singa Mesopotamia dalam laga perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar.

Skuad Garuda Muda sejatinya unggul lebih dulu pada menit ke-19 lewat gol spektakuler Ivar Jenner dari luar kotak penalti.

Namun, Irak mampu bangkit dengan menyamakan kedudukan melalui gol-gol dari Zaid Tahseen Hantoosh pada menit ke-27 dan Ali Jassim di babak pertama perpanjangan waktu.

Dalam laga ini, intensitas permainan Timnas Indonesia U-23 jauh menurun khususnya pasca babak pertama. Shin Tae-yong mengakui anak asuhnya kelelahan.

Bahkan, saking lelahnya Marselino Ferdinan dan kawan-kawan, Shin Tae-yong hanya akan fokus latihan pemulihan selama tiga hari ke depan pasca dikalahkan Irak.

"Jelas para pemain sangat capek dan kelelahan. Sebenarnya mereka kehabisan tenaga," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers pasca pertandingan, Jumat (3/5/2024).

Pelatih Indonesia Shin Tae-yong menyaksikan pertandingan perebutan tempat ketiga Piala Asia U23 2024 antara Irak melawan Indonesia di Stadion Abdullah Bin Khalifa, Doha, Qatar, Kamis (2/5/2024). [KARIM JAAFAR / AFP]Pelatih Indonesia Shin Tae-yong menyaksikan pertandingan perebutan tempat ketiga Piala Asia U23 2024 antara Irak melawan Indonesia di Stadion Abdullah Bin Khalifa, Doha, Qatar, Kamis (2/5/2024). [KARIM JAAFAR / AFP]

"Jadi menurut saya, sekitar dua, tiga hari, kita hanya fokus pada pemulihan. Saya bahkan tidak akan membiarkan para pemain menyentuh bola," tambahnya.

Meski kalah dari Irak, Timnas Indonesia U-23 masih memiliki kesempatan untuk melangkah ke Olimpiade 2024 lewat jalur playoff antar benua.

Dalam kesempatan terakhir ini, Garuda Muda sudah ditunggu peringkat keempat Piala Afrika U-23 2024, Guinea U-23. Pertandingan akan berlangsung di Paris, Prancis pada 9 Mei mendatang.

Shin Tae-yong akan memberikan waktu istirahat kepada para pemain sebelum kembali menggodok taktik dan latihan biasa jelang menghadapi wakil Afrika.

"Jadi saya akan berusaha sebaik mungkin untuk mengambil kesempatan terakhir untuk mendapatkan tiket Olimpiade. Jadi saya berharap empat tim Asia berpartisipasi di panggung Olimpiade," jelas Shin Tae-yong.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #larang #pemain #timnas #indonesia #pegang #bola #hari #depan #usai #dibungkam #irak #kenapa

KOMENTAR