Irak Tak Segarang Uzbekistan, Peluang Timnas Indonesia U-23 Menang Terbuka Lebar
Gelandang Timnas Indonesia U-23, Marselino Ferdinan (tengah) melakukan selebrasi bersama Witan Sulaeman dan Justin Hubner usai mencetak gol ke gawang Yordania dalam laga terakhir Grup A Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar. [Dok. PSSI]
19:42
2 Mei 2024

Irak Tak Segarang Uzbekistan, Peluang Timnas Indonesia U-23 Menang Terbuka Lebar

Timnas Indonesia U-23 dinilai punya peluang besar untuk mengalahkan Irak pada perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah Bin Khalifa, Doha, Kamis (2/5/2024).

Pengamat sepak bola Mohammad Kusnaeni mengatakan, peluang Garuda Muda memenangi laga tersebut sekaligus lolos ke Olimpiade Paris cukup terbuka, karena secara teknis, Irak tidak sekuat Uzbekistan.

"Soal permainan, Uzbekistan sekelas di atas kita. Lebih rapi kerja samanya, lebih disiplin, dan sangat seimbang saat menyerang maupun bertahan. Irak tidak seperti itu," kata sosok yang akrab disapa Bung Kus.

Ia mengatakan, permainan Irak kurang terorganisasi dan tidak superior di lapangan tengah sehingga sempat dikalahkan juga oleh Thailand di fase grup.

Untuk mengalahkan Irak, kata dia, Garuda Muda perlu memperkuat pertahanan karena Rizky Ridho tidak bisa dimainkan akibat kartu merah saat melawan Uzbekistan.

"Bisa dengan menggeser Nathan atau pasang trio bek Ferarri-Justin-Komang. Saya lebih condong Nathan tetap di tengah. Kita perlu kuat dan menguasai lini tengah saat menghadapi Irak agar aliran serangan lebih baik," ujarnya.

Meski demikian, Bung Kus juga berpesan agar Timnas Indonesia U-23 membenahi lini pertahanan kala menghadapi Irak.

"Untuk mengalahkan Irak, Garuda Muda perlu membenahi pertahanan karena nanti Rizky Ridho tidak bisa main," ujar Kusnaeni dia.

Selain pertahanan, kata dia, Garuda Muda perlu membenahi penyelesaian akhir. "Pertandingan akan ketat, peluang tidak banyak. Jadi, lebih efektif dalam finishing," ujarnya.

Timnas Indonesia U-23 maupun Irak memang sama-sama menelan kegagalan di semifinal lalu.

Garuda Muda dipaksa menyerah dengan skor 0-2 lawan Uzbekistan, tanpa perlawanan berarti. Sementara itu, Irak U-23, yang berjuluk Singa Mesopotamia Muda, harus mengakui ketangguhan Jepang juga dengan skor 0-2.

Kedua tim akan coba mendapatkan status juara ketiga Piala Asia U-23 2024. Selain itu, pertandingan ini juga akan memperebutkan satu tiket terakhir untuk lolos langsung ke sepak bola Olimpiade Paris 2024 tanpa melalui jalur play-off.

Sedangkan tim yang kalah alias peringkat 4 Piala Asia U23 2024 akan menjalani babak play off melawan wakil Afrika Guinea pada 9 Mei mendatang. (ANTARA)

Editor: Ronald Seger Prabowo

Tag:  #irak #segarang #uzbekistan #peluang #timnas #indonesia #menang #terbuka #lebar

KOMENTAR