Roda Berputar! Dulu Dilempari Telur di Negara Sendiri, STY Kini Buat Korsel Menangis di Piala Asia
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. [Giuseppe CACACE / AFP]
05:42
27 April 2024

Roda Berputar! Dulu Dilempari Telur di Negara Sendiri, STY Kini Buat Korsel Menangis di Piala Asia

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong (STY) sukses membawa timnya menyingkirkan tim favorit, Korea Selatan di perempat final Piala Asia U-23 2024. Di satu sisi, STY tentu gembira. Namun di sisi lain, pasti ini sulit karena harus melawan negaranya sendiri.

Timnas Indonesia U-23 asuhan Shin Tae-yong mengalahkan Korea Selatan lewat adu penalti dengan skor 11-10, setelah pertandingan 120 menit berakhir imbang 2-2.

Kemenangan ini spesial bagi Timnas Indonesia U-23 karena berhasil mencetak sejarah di ajang Piala Asia U-23, plus kini selangkah lagi bakal lolos ke sepak bola Olimpiade Paris 2024.

Bagi STY sendiri, tentu kemenangan ini istimewa secara personal. Apa pun itu, pelatih berusia 53 tahun tersebut membuktikan jika 'roda itu berputar'.

Bagaimana tidak, STY pernah dilempar guling hingga telur di negaranya sendiri pada 2018, buntut dari kekecewaan suporter akibat pencapaian Timnas Korea Selatan.

Sebelum melatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memang pernah menjadi pelatih Timnas Korsel di segala level usia, termasuk tim senior. Ia bahkan berhasil membawa anak-anak didiknya lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia.

Korsel kala itu tergabung di fase grup bersama Meksiko, Swedia, dan Jerman. Meskipun Korea Selatan kalah 1-2 dari Meksiko dan 0-1 dari Swedia, namun kejutan datang saat Taeguk Warriors --julukan Timnas Korea Selatan-- mengalahkan Jerman 2-0.

Kemenangan yang tidak diprediksi sebelumnya mampu meredam kritik tajam dari para penggemar akibat kekalahannya dari Meksiko dan Swedia.

Walaupun mendapatkan banyak pujian hangat, Timnas Korsel yang saat itu tiba di bandara lebih awal sempat mendapat perlakuan kurang menyenangkan.

Pasalnya, saat para pemain dan STY melakukan sesi foto, ada penggemar yang kecewa hingga melempar telur dan guling ke arah mereka.

Meski sempat terasa canggung, namun keadaan bisa dikuasai oleh jumlah pendukung tim yang lebih banyak. Mereka berteriak kepada penggemar yang tidak puas agar berhenti melemparkan benda-benda.

Pasca Piala Dunia tersebut, STY pun didepak Federasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA), sebelum akhirnya eks gelandang serang Timnas Korea Selatan (22 caps) itu digandeng PSSI untuk melatih Timnas Indonesia pada 2019.

Kini di 2024, Shin Tae-yong sukses menyingkirkan negaranya sendiri di pesta sepak bola terakbar Asia di level U-23. Revans yang manis tentunya atas perlakuan tidak mengenakkan yang diterimanya beberapa tahun silam.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #roda #berputar #dulu #dilempari #telur #negara #sendiri #kini #buat #korsel #menangis #piala #asia

KOMENTAR