Marselino Ferdinan Akui Gol Berbau Offside Irak Hancurkan Mental Timnas Indonesia
Gelandang timnas Indonesia #07 Marselino Ferdinan berebut bola dengan bek Irak #03 Hussein Ali dan #20 Osama Rashid pada pertandingan Grup D Piala Asia 2023 antara timnas Indonesia vs Irak di Stadion Ahmad bin Ali di Al-Rayyan, sebelah barat Doha pada 15 Januari , 2024. KARIM JAAFAR / AFP
15:24
16 Januari 2024

Marselino Ferdinan Akui Gol Berbau Offside Irak Hancurkan Mental Timnas Indonesia

Gelandang Timnas Indonesia Marselino Ferdinan mengakui gol kedua Irak yang berbau offside sedikit banyak menghancurkan mental timnya. Meski begitu, dia enggan berlarut-larut dalam kekalahan.

Timnas Indonesia kalah 1-3 dari Irak dalam matchday pertama Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Ahmad bin Ali, Al-Rayyan, Qatar, Senin (15/1/2023). Gol kedua Irak menimbulkan kontroversi.

Irak unggul lebih dahulu melalui Mohanad Ali pada menit ke-17. Timnas Indonesia dapat menyamakan kedudukan melalui Marselino menit 37.

Irak unggul kembali melalui Osama Rashid saat perpanjangan waktu babak pertama. Nah, gol inilah yang menjadi permasalahan karena dalam prosesnya sempat terjadi offside.

Mohanad Ali terlihat dalam posisi offside ketika menyundul bola yang kemudian ditepis kiper Ernando Ari. Laga kemudian berlanjut sebelum Osama Rashid mencetak gol.

Momen gol kedua Irak ke gawang timnas Indonesia yang seharusnya offside. (X/@bahaspemainbola)Momen striker Irak Mohanad Ali terperangkap offside tetapi wasit memutuskan laga berlanjut hingga Osama Rashid berhasil membobol gawang Timnas Indonesia. (X/@bahaspemainbola)

Pelatih Shin Tae-yong sempat memprotes ofisial keempat di pinggir lapangan, tetapi wasit utama tidak menggubris dan enggan menganulir gol Irak.

Selepas gol itu, Timnas Indonesia sejatinya mendapat keleluasaan untuk membangun serangan di babak kedua setelah Irak terlihat menurunkan tempo pertandingan.

Namun, tim berjuluk Singa Mesopotamia pada akhirnya menunjukkan keperkasaannya dengan mencetak gol ketiga melalui Aymen Hussein pada menit ke-75.

"Kami tahu Irak bermain luar biasa, gol kedua mengubah mental permainan. Kita akan menganalisis lagi pertandingan hari ini, kita mencoba yang terbaik untuk pertandingan selanjutnya," kata Marselino Ferdinan dalam keterangannya usai pertandingan.

Lebih lanjut, Marselino ada sedikit rasa bersyukur bisa tampil baik di laga tersebut. Apalagi, ini adalah penampilan Timnas Indonesia di Piala Asia setelah cukup lama absen.

"Kami sangat bangga setelah 16 tahun tidak lolos, kita maksimalkan semuanya, kita semua berjuang demi bangsa juga. Tapi sangat disayangkan pertandingan pertama, ada beberapa keputusan kontroversial dari wasit seharusnya tidak jadi gol tapi malah jadi gol," pungkas pemain KMSK Deinze itu.

Setelah melawan Irak, Timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam dalam matchday kedua Grup D Piala Asia 2023. Pertandingan ini dijadwalkan berlangsung pada 19 Januari mendatang.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #marselino #ferdinan #akui #berbau #offside #irak #hancurkan #mental #timnas #indonesia

KOMENTAR