Misi Terselubung, Ragnar Oratmangoen akan Ajak Jay Idzes Jadi Mualaf
Winger Timnas Indonesia, Ragnar Oratmangoen merayakan golnya ke gawang Vietnam pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Selasa (27/3/2024). [AFP]
14:54
24 April 2024

Misi Terselubung, Ragnar Oratmangoen akan Ajak Jay Idzes Jadi Mualaf

Bintang Timnas Indonesia, Ragnar Oratmangoen, mengaku ingin mengajak kompatriotnya, yakni Jay Idzes, untuk menjadi Mualaf atau memeluk agama Islam.

Ajakan ini disampaikan oleh Ragnar Oratmangoen saat berbincang-bincang dengan YouTuber asal Indonesia, Yussa Nugraha.

Dalam perbincangan itu, Yussa sempat bertanya kepada Ragnar mengenai agama yang dipeluk mantan rekan setimnya di Go Ahead Eagles itu.

Pertanyaan ini hadir setelah bek Venezia itu sempat mengucapkan kalimat 'Insya Allah' dalam wawancaranya bersama Yussa.

"Bro, dinterview kemarin Jay (Idzes) bilang 'Insya Allah'. Terus banyak orang yang bertanya apakah Jay (seorang) Muslim," tanya Yussa kepada Ragnar.

Alih-alih memberi jawaban, Ragnar justru meminta Yussa untuk bertanya kepada yang bersangkutan mengenai agama yang dipeluknya.

Lalu, Ragnar pun menyebut bahwa Jay Idzes bukanlah Muslim dan berkelakar akan mengajak rekannya itu menjadi Mualaf.

"Iya kamu coba tanya ke Jay (Idzes). Setahuku dia bukan Muslim, tapi aku akan berusaha supaya dia jadi Muslim (Mualaf)," kata Ragnar.

Ragnar pun kemudian menceritakan bahwa Jay Idzes mengucapkan kalimat Insya Allah karena sudah terbiasa mendengar kalimat tersebut dari orang-orang di sekitarnya.

Sebagai informasi, baik Ragnar Oratmangoen dan Jay Idzes dikenal berteman akrab. Keduanya sempat berada di tim yang sama sebelum membela Timnas Indonesia, yakni di Go Ahead Eagles.

Keduanya menjadi rekam setim di Go Ahead Eagles pada musim 2021/2022 lalu. Hanya saja, kerjasama Ragnar dan Jay Idzes hanya berlangsung semusim saja.

Pada musim 2022/2023, Ragnar bergabung dengan FC Groningen, sedangkan Jay Idzes masih bertahan di Go Ahead Eagles dan baru hengkang ke Venezia pada musim 2023/2024.

Kini keduanya dipersatukan kembali di Timnas Indonesia. Baik Ragnar maupun Jay Idzes menjalani proses naturalisasi untuk berseragam Merah Putih.

Keduanya pun melakoni debutnya di waktu yang berdekatan. Jay Idzes melakoni debutnya di Matchday ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 kontra Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Kemudian Ragnar baru melakoni debutnya di Matchday keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026 saat menghadapi Vietnam di Stadion My Dinh.

Laga di Stadion My Dinh itu menjadi laga paling berkesan bagi Ragnar dan Jay Idzes. Di laga melawan tuan rumah Vietnam itu, keduanya mampu menciptakan gol debutnya untuk Timnas Indonesia.

Jay Idzes mampu mencetak gol debutnya di menit ke-9 lewat tandukannya, sedangkan Ragnar mencetak gol debutnya di menit ke-23 lewat aksi individu menawan.

Baik Ragnar dan Jay Idzes pun dijadwalkan akan kembali membela Timnas Indonesia pada Juni 2024 dalam lanjutan grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Di bulan Juni 2024 nanti, Timnas Indonesia akan menjalani dua laga kandang yakni melawan Irak (6/6) dan Filipina (11/6).

Kontributor: Felix Indrajaya

Editor: Irwan Febri

Tag:  #misi #terselubung #ragnar #oratmangoen #akan #ajak #idzes #jadi #mualaf

KOMENTAR