Dikandaskan PSG, Barcelona Tersingkir dari Dua Turnamen Sekaligus!
Reaksi kecewa para pemain Barcelona usai laga babak delapan besar Liga Champions kontra PSG di Stadion Olimpic Lluis Companys di Katalunya, Rabu (17/4/2024) dini hari WIB. [Josep LAGO / AFP]
22:12
17 April 2024

Dikandaskan PSG, Barcelona Tersingkir dari Dua Turnamen Sekaligus!

Pukulan telak benar-benar diterima Barcelona usai kandas di perempat final Liga Champions 2023/2024 setelah kena comeback Paris Saint-Germain (PSG). Barca pun dipastikan rontok di dua kompetisi sekaligus.

Pekan lalu, Barcelona padahal menang 3-2 di markas PSG pada leg pertama perempat final Liga Champions 2023/2024.

Mereka juga unggul cepat pada laga kandang leg kedua yang digelar di Stadion Olimpic Lluis Companys, Rabu (17/4/2024) dini hari WIB tadi, berkat gol Raphinha sehingga sempat unggul agregat 4-2.

Namun demikian, situasi berubah 180 derajat dan Barca berangsur rontok setelah Ronald Araujo diusir keluar lapangan pada pertengahan babak pertama lantaran menjatuhkan Bradley Barcola sebagai pemain terakhir.

PSG lantas melesakkan empat gol balasan, sehingga Barcelona kalah 1-4 pada leg kedua ini dan takluk dengan agregat 4-6.

Bak sudah jatuh tertimpa tangga, kekalahan ini ternyata tak cuma menyingkirkan Blaugrana dari Liga Champions.

Ya, kekalahan atas PSG resmi memastikan Barca tak akan berpartisipasi di Piala Dunia Antarklub 2025 yang menggunakan format baru.

Eropa mengirimkan 12 perwakilan di turnamen yang bakal dihelat di Amerika Serikat tersebut, termasuk juara Liga Champions 2020/2021 sampai musim 2023/2024 - yakni Chelsea, Real Madrid, Manchester City, dan kampiun musim ini.

Delapan jatah tempat sisanya ditentukan lewat koefisien klub UEFA, tetapi Barcelona sudah dipastikan tidak lolos meski duduk di peringkat tujuh di antara tim-tim yang tersisa.

Itu karena hanya dua klub per negara yang bisa lolos ke Piala Dunia Antarklub.

Atletico Madrid dan Barcelona tereliminasi dari Liga Champions 2023/24 di hari yang sama, tapi koefisien Atletico (67,0) melebihi koefisien Barca (61,0). Oleh karenanya, Atletico akan menemani Real Madrid sebagai wakil Spanyol di Piala Dunia Antarklub 2025.

Menurut laman resmi FIFA, tim Eropa lain yang sudah dipastikan lolos via jalur koefisien adalah Bayern Munich, PSG, Inter Milan, Porto, Benfica, Borussia Dortmund, serta Juventus.

Satu tempat tersisa akan dihuni oleh FC Salzburg atau Arsenal, tergantung siapa juara Liga Champions musim ini.

Arsenal hanya bisa lolos ke Piala Dunia Antarklub 2025 jika menjuarai Liga Champions karena Chelsea dan Manchester City sudah dinyatakan lolos.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #dikandaskan #barcelona #tersingkir #dari #turnamen #sekaligus

KOMENTAR