PSSI Bongkar Target Jangka Pendek dan Panjang Timnas Indonesia ke FIFA
Ketua Umum FIFA Gianni Infantino (kiri) dan Ketua Umum PSSI Erick Thohir (pssi.org)
13:24
9 April 2024

PSSI Bongkar Target Jangka Pendek dan Panjang Timnas Indonesia ke FIFA

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir membongkar target jangka pendek dan panjang Timnas Indonesia ke depannya. Pernyataan Erick dimuat di laman resmi FIFA.

FIFA selaku federasi sepak bola dunia, belakangan menyoroti perkembangan sepak bola Indonesia. Teranyar, mereka menyebut Indonesia tengah berkembang pesat.

Bahkan, FIFA membuat satu artikel khusus yang membahas perkembangan sepak bola Indonesia dalam beberapa tahun terakhir, termasuk pencapaian skuad Garuda.

Salah satu yang jadi sorotan adalah perihal target PSSI untuk Timnas Indonesia. Erick Thohir pun menjabarkan target jangka pendek dan panjang yang telah disusun.

"Dalam jangka pendek, tujuan kami adalah menjadi peringkat 100 dunia," tegas Erick Thohir dikutip dari laman resmi FIFA, Selasa (9/4/2024).

"Jika kita terus membangun tim nasional dimulai dari usia muda, target jangka panjang kita adalah Indonesia lolos ke Piala Dunia FIFA bukan sebagai tuan rumah, tapi sebagai peserta," tambahnya.

Erick Thohir (pssi.org)Erick Thohir (pssi.org)

Selama dipimpin pelatih Shin Tae-yong sejak akhir 2019, Timnas Indonesia mengalami peningkatan performa yang bisa dilihat dari lonjakan Ranking FIFA.

Belakangan, skuad Garuda jadi tim dengan lonjakan posisi tertinggi dalam Ranking FIFA terbaru yang dirilis pada 4 April lalu.

Timnas Indonesia berhasil naik delapan posisi dari peringkat 142 menjadi 134 setelah mendapat tambahan 30,03 poin hasil dari menghancurkan Vietnam dengan skor 1-0 dan 0-3 pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada Maret lalu.

"Peringkat Indonesia terus menunjukkan perbaikan sejak tahun 2021 dan semakin mendekatkan target timnas untuk masuk 100 besar," tulis FIFA.

Meskipun perjalanannya masih panjang dan penuh dengan tantangan, Timnas Indonesia masih memiliki peluang untuk lolos ke Piala Dunia 2026.

Saat ini, Timnas Garuda memimpin klasemen Grup F dengan tujuh poin dari empat pertandingan, setelah meraih dua kemenangan atas Vietnam.

Dengan dua pertandingan tersisa, Timnas Indonesia hanya membutuhkan tambahan tiga poin untuk memastikan lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #pssi #bongkar #target #jangka #pendek #panjang #timnas #indonesia #fifa

KOMENTAR