Kritik Kebablasan Media Vietnam, Sebut Rizky Ridho Pemain Keturunan Belanda
Bek Timnas Indonesia, Rizky Ridho (kiri) tampil pada laga Piala Asia 2023 kontra Irak di Stadion Ahmed bin Ali, Al Rayyan, Qatar, Senin (15/1/2024) malam WIB. [KARIM JAAFAR / AFP]
19:48
8 April 2024

Kritik Kebablasan Media Vietnam, Sebut Rizky Ridho Pemain Keturunan Belanda

Media Vietnam, The Thao, membuat kesalahan fatal dengan menyebut Rizky Ridho sebagai pemain keturunan Belanda dalam laporan tentang Timnas Indonesia.

Kesalahan itu mereka lakukan dalam pemberitaan berkaitan dengan pernyataan kontroversial Muhammad Tahir, gelandang PSBS Biak, yang mempertanyakan perbedaan kualitas antara pemain lokal dan naturalisasi.

Tahir, 30 tahun, bahkan menantang pemain naturalisasi untuk uji tanding dengan pemain lokal, menyatakan keyakinannya bahwa pemain Indonesia dapat mengalahkan pemain diaspora.

The Thao 247 kemudian mengikuti kontroversi ini dengan memposting starting XI Timnas Indonesia saat mengalahkan Timnas Vietnam 3-0 dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada 26 Maret 2024 di Hanoi, Vietnam, melalui halaman Facebook mereka.

Media tersebut menempelkan bendera Belanda pada pemain-pemain naturalisasi Timnas Indonesia termasuk Jay Idzes, Justin Hubner, Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, dan Nathan Tjoe-A-On.

Media Vietnam, The Thao 247 menganggap Rizky Ridho pemain keturunan Belanda. [Dok. Facebook/The Thao 247]Media Vietnam, The Thao 247 menganggap Rizky Ridho pemain keturunan Belanda. [Dok. Facebook/The Thao 247]

Namun, kesalahan terbesar mereka adalah menempelkan bendera Belanda pada foto Rizky Ridho. "Drama naturalisasi telah memecah dunia sepak bola Indonesia," tulis The Thao 247 pada Sabtu (6/4/2024).

Tentu saja klaim tersebut tidak benar. Rizky Ridho lahir di Surabaya, Jawa Timur, pada 21 November 2001, dan tidak memiliki keturunan Belanda.

Meskipun baru berusia 22 tahun, Rizky Ridho telah menjadi kapten Timnas Indonesia dalam dua kemenangan melawan Vietnam dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 bulan lalu.

Debutnya bersama Timnas Indonesia terjadi pada 29 Mei 2024, saat ia berusia 19 tahun.

Hingga saat ini, ia telah tampil dalam 34 pertandingan untuk Timnas Indonesia.

Di tengah kedatangan banyak pemain naturalisasi, Rizky Ridho tetap menjadi salah satu pemain lokal yang penting bagi tim, terutama di lini pertahanan.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #kritik #kebablasan #media #vietnam #sebut #rizky #ridho #pemain #keturunan #belanda

KOMENTAR