Berapa Gaji Shin Tae-yong Jika PSSI Perpanjang Kontrak? Ini Prediksinya
Shin Tae-yong saat dampingi timna Indonesia U-23 ke Dubai, Uni Emirat Arab (pssi.org)
19:24
5 April 2024

Berapa Gaji Shin Tae-yong Jika PSSI Perpanjang Kontrak? Ini Prediksinya

Kontrak pelatih tim nasional sepak bola Indonesia Shin Tae Yong akan berakhir pada Juni 2024 mendatang. Batas waktu tersebut merupakan hasil perpanjangan mengingat sebelumnya, kontrak pelatih asal Korea Selatan berakhir pada Desember 2023 lalu. Jika tahun ini kontraknya kembali diperpanjang oleh PSSI, gaji Shin Tae Yong diprediksi juga bakal ikut melejit. 

Hal ini juga tidak bisa dilepaskan dari kontribusinya membawa timnas menekuk Vietnam dalam kualifikasi Piala Dunia 2026 serta prestasi mentereng lainnya. Di bawah asuhan Sihn Tae Yong, performa timnas dipandang makin solid. Imbas positifnya, peringkat timnas di mata dunia pun ikut terkerek. Ketika Shin Tae Yong pertama kali mengarsiteki Jay Idzes dkk, mereka masih bertengger di peringkat 173. Terakhir, per Februari 2024 peringkat itu naik ke posisi 142. 

Kendati demikian, walau kemungkinan kenaikan gaji itu ada, PSSI belum memberikan keterangan resminya. Pun soal nasib kontrak Shin Tae Yong yang akan berakhir kurang dari tiga bulan lagi. Namun, rumor mengenai nominal gaji Shin Tae Yong selama ini memang banyak beredar di media. 

Menurut laporan media Vietnam, Danviet, Shin Tae Yong menerima gaji sebesar satu juta dollar AS atau setara dengan Rp14,2 miliar per tahun untuk melatih Timnas Indonesia. Dengan begitu, Shin Tae Yong menerima gaji setidaknya Rp1,1 miliar per bulan.

Jumlah tersebut membuat Shin Tae Yong menjadi salah satu pelatih dengan gaji tertinggi di Asia Tenggara. Gaji yang diterima Shin Tae Yong bahkan disebut lebih besar daripada Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang Seo, yang mendapat 50.000 dolar AS (sekira Rp709 juta) per bulan.

Selain gaji pokok, Shin Tae Yong juga mendapat sejumlah fasilitas, seperti apartemen, kendaraan pribadi, dan tiket pesawat Korea Selatan - Indonesia.

Ketua Umum PSSI sebelum Erick Thohir, Mochamad Iriawan, menyebut bahwa pihaknya harus menggelontorkan uang sebesar Rp2 miliar per bulan untuk menggaji Shin Tae Yong dan para asisten pelatih Timnas Indonesia.

Seperti diketahui, Shin Tae Yong mulai bertugas sebagai pelatih Timnas Indonesia pada akhir 2019. Sejak saat itu, ia telah membawa perubahan positif bagi sepak bola Tanah Air. Salah satu prestasi terbesarnya belum lama ini adalah membawa Timnas U-23 Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia U-23 tahun ini untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Kontributor : Nadia Lutfiana Mawarni

Editor: M Nurhadi

Tag:  #berapa #gaji #shin #yong #jika #pssi #perpanjang #kontrak #prediksinya

KOMENTAR