Timnas Indonesia U-23 Terancam Tanpa Dua Bek Tengah Kidal, Bisa Rusak Sistem 3 Bek STY
Bek Timnas Indonesia, Justin Hubner (Instagram/justinhubner5)
14:36
4 April 2024

Timnas Indonesia U-23 Terancam Tanpa Dua Bek Tengah Kidal, Bisa Rusak Sistem 3 Bek STY

Timnas Indonesia U-23 terancam tanpa diperkuat dua bek tengah berkaki kidal di Piala Asia U-23 2024. Hal itu setelah Justin Hubner dan Alfeandra Dewangga belum pasti bergabung dengan rekan-rekannya dalam training camp (TC) di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA).

Pelatih Shin Tae-yong memanggil 28 pemain untuk mengikuti persiapan menuju Piala Asia U-23 2024. Namun, para pemain abroad dan beberapa penggawa lokal belum bisa bergabung.

Dari pemain abroad, Justin Hubner jadi salah satu yang belum bergabung dan bahkan terancam absen membela Garuda Muda karena belum ada lampu hijau dari Cerezo Osaka.

Sementara dari penggawa lokal, Alfeandra Dewangga menjadi salah satu pemain yang terancam absen. Meski sudah bertolak ke Jakarta, dia harus menunda perjalanan ke Dubai karena menjalani operasi kecil.

Setelah mengalami pemeriksaan oleh dokter Timnas Indonesia, Dewangga diputuskan untuk menjalani operasi kecil di ketiak kirinya.

Sebelumnya, bek berkaki kidal itu sempat mengeluhkan sakit di bagian tersebut ketika PSIS Semarang menghadapi Barito Putera di pekan ke-30 Liga 1.

Kondisi Alfeandra Dewangga usai menjalani operasi. [Dok Pribadi]Kondisi Alfeandra Dewangga usai menjalani operasi. [Dok Pribadi]

Situasi ini jelas merugikan Timnas Indonesia U-23. Hal itu mengingat keduanya merupakan bek tengah berkaki kidal.

Sebagai informasi, para bek tengah berkaki kidal rutin dibawa Shin Tae-yong ke berbagai kelompok umur Timnas Indonesia untuk mengakomodir formasi dasar tiga bek tengah andalannya.

Sebelum kehadiran Justin Hubner, Elkan Baggott merupakan andalan di posisi tersebut selain juga Alfeandra Dewangga khususnya ketika Shin memimpin Timnas Indonesia U-23.

Kehilangan dua bek tengah kidal sekaligus akan menyulitkan Shin Tae-yong. Meski pemain berkaki kanan tetap bisa ditempatkan di pos tersebut, aliran umpan dinilai akan mengalami perubahan karena berbedaan kekuatan kaki yang dimiliki.

Timnas Indonesia U-23 tergabung di Grup A pada Piala Asia U-23 2024. Mereka akan saling sikut dengan Qatar, Yordania dan Australia.

Piala Asia U-23 2024 akan berlangsung di Qatar pada 15 April hingga 3 Mei mendatang.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #timnas #indonesia #terancam #tanpa #tengah #kidal #bisa #rusak #sistem

KOMENTAR