Timnas Indonesia Bakal Cetak Dua Rekor Sore Ini, Vietnam dan Malaysia Dijamin Iri!
Para pemain Timnas Indonesia melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Vietnam pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion My Dinh di Hanoi, 26 Maret 2024. [AFP]
12:54
4 April 2024

Timnas Indonesia Bakal Cetak Dua Rekor Sore Ini, Vietnam dan Malaysia Dijamin Iri!

Timnas Indonesia diperkirakan bakal mencetak dua rekor sore ini dalam lingkup pengumpulan poin dalam klasemen ranking FIFA. Vietnam dan Malaysia dinilai bakal sangat iri dengan hasilnya.

FIFA akan merilis Ranking FIFA terbaru pada hari ini, Kamis (4/4/2024) berdasarkan rangkaian hasil sejumlah negara dalam jeda internasional atau FIFA Matchday Maret 2024.

Timnas Indonesia diprediksi akan melejit dalam ranking FIFA terbaru setelah meraih hasil impresif pada dua laga Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada Maret lalu.

Skuad Garuda sukses mengalahkan Vietnam secara back-to-back. Timnas Indonesia menang 1-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, sebelum menekuk lawannya di Hanoi dengan skor 3-0.

Kemenangan impresif itu diprediksi bakal mendongkrak ranking FIFA Timnas Indonesia. Menyitat laman Football-ranking, dua kemenangan atas Vietnam membuat Garuda akan mendapatkan tambahan 30,04 poin.

Tambahan poin ini diprediksi bakal membuat Timnas Indonesia naik delapan peringkat dari 142 ke 134 dunia. Catatan itu sekaligus membuat tim Merah Putih mencatatkan dua rekor.

AFC menjatuhkan denda pada VFF terkait kartu merah yang diterima pemain Vietnam dalam Piala Asia 2023 (pssi.org)AFC menjatuhkan denda pada VFF terkait kartu merah yang diterima pemain Vietnam dalam Piala Asia 2023 (pssi.org)

Timnas Indonesia diprediksi akan menjadi negara dengan lonjakan ranking FIFA tertinggi usai jeda internasional Maret 2024. Tak ada tim yang menyamai lonjakan delapan peringkat yang didapat tim asuhan Shin Tae-yong.

Selain itu, dua kemenangan atas Vietnam membuat Timnas Indonesia juga akan menjadi negara dengan perolehan poin terbanyak selama FIFA Matchday Maret 2024.

Situasi ini berbanding terbalik dengan negara-negara ASEAN lain terkhusus Vietnam dan Malaysia yang mendapat "bencana" selama FIFA Matchday Maret 2024.

Vietnam kehilangan 30,4 poin usai dihajar dua kali oleh Indonesia. Ranking FIFA mereka pun diprediksi turun 10 posisi dari peringkat 105 ke 115 dunia.

Hal serupa dialami Malaysia. Tim asuhan Kim Pan-gon kalah dua kali beruntun dari Oman dalam lanjutan Grup D putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Hasil buruk itu membuat Malaysia diperkirakan turun empat peringkat dari 132 menjadi 136. Posisi mereka pun bakal disalim oleh Timnas Indonesia.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #timnas #indonesia #bakal #cetak #rekor #sore #vietnam #malaysia #dijamin

KOMENTAR