Calon Kiper Timnas Indonesia Maarten Paes Dipantau Pelatih Kiper Liverpool
Kiper naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes saat memperkuat klubnya di Amerika Serikat, FC Dallas. [IG Maarten Paes]
10:48
1 April 2024

Calon Kiper Timnas Indonesia Maarten Paes Dipantau Pelatih Kiper Liverpool

Calon kiper Timnas Indonesia, Maarten Paes dikabarkan tengah dalam pantauan pelatih kiper Liverpool, John Achterberg. Hal itu diketahui setelah Achterberg mengikuti akun Instagram kiper FC Dallas tersebut.

Saat ini, Maarten Paes sedang bermain di Major League Soccer (MLS) bersama klub FC Dallas di Amerika Serikat.

Kiper berusia 25 tahun itu tengah menjalani proses naturalisasi untuk bisa membela Timnas Indonesia. Meski demikian, prosesnya cukup terjal karena sampai harus melibatkan pengadilan Pengadilan Arbitrasi Olahraga atau CAS.

Proses naturalisasi Paes menemui kendala karena pernah membela Belanda U-21 pada Kualifikasi EURO U-21 2021, walaupun usianya sudah melebihi 22 tahun.

Pada 15 November 2020, Paes berusia 22 tahun ketika membela Belanda U-21 dalam pertandingan melawan Belarusia U-21. Situasi ini membuatnya tidak memenuhi syarat FIFA terkait pergantian asosiasi.

Menurut peraturan FIFA, seorang pemain dapat beralih ke tim nasional lain jika usianya di bawah 21 tahun saat terakhir kali membela negara pertamanya di level junior atau senior dalam pertandingan resmi.

Penjaga gawang berdarah Indonesia, Maarten Paes (mlssoccer.com)Penjaga gawang berdarah Indonesia, Maarten Paes (mlssoccer.com)

Selain itu, pemain tersebut tidak boleh memiliki lebih dari tiga caps di tim nasional pertamanya dan tidak boleh tampil dalam kompetisi level "A" dengan tim nasional pertamanya selama tiga tahun terakhir.

Terlepas dari polemik soal proses naturalisasinya, Paes ternyata mampu menarik perhatian pelatih kiper tim utama Liverpool, John Achterberg.

Achterberg kedapatan mengikuti akun Instagram Paes. Hal ini memang tidak bisa dijadikan bukti bahwa Liverpool tengah memantau Maarten Paes.

Namun yang pasti, Achterberg merupakan pelatih kiper kawakan yang sudah menangani banyak penjaga gawang kaliber dunia seperti Pepe Reina, Simon Mignolet, hingga Alisson Becker.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #calon #kiper #timnas #indonesia #maarten #paes #dipantau #pelatih #kiper #liverpool

KOMENTAR