2 Fakta Jay Idzes Jadi Bintang Pilihan AFC di Kualifikasi Piala Dunia 2026
Bek Timnas Indonesia, Jay Idzes merayakan golnya ke gawang Vietnam pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion My Dinh, Hanoi, 26 Maret 2024. [AFP]
03:12
31 Maret 2024

2 Fakta Jay Idzes Jadi Bintang Pilihan AFC di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Jay Idzes, salah satu bek naturalisasi terbaru Timnas Indonesia, telah menjadi sorotan utama dari Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) usai melakoni debutnya bersama skuad Garuda di lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua pada 21 dan 26 Maret 2024.

Jay Idzes mencatat penampilan yang gemilang dalam debutnya, termasuk mencetak gol pembuka dalam pertemuan kedua melawan Vietnam dalam lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3/2024).

Timnas Indonesia berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 3-0. Kehadiran Idzes sendiri dalam laga tersebut menjadi sorotan, saat bek Venezia tersebut kembali tampil solid seperti lima hari sebelumnya saat turut membawa skuad Garuda clean sheet dan menang 1-0 atas Vietnam di Jakarta.

Penampilan apik ini membawa Idzes terpilih sebagai salah bintang pilihan AFC untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada jeda internasional Maret ini.

Dianggap Punya Peran Signifikan

Menurut laman resmi AFC, Jay Idzes sangat berimpak kehadirannya untuk lini belakang Timnas Indonesia. Sang bek sentral membawa pengalaman bermain dari klub-klub di Belanda dan Italia.

Pada usia 23 tahun, Idzes tidak membutuhkan waktu lama untuk mencetak gol internasional pertamanya.

Ia berhasil mencetak gol dengan sundulan dari umpan sepak pojok Thom Haye di awal awal babak pertama, membuka skor dalam kemenangan 3-0 Timnas Indonesia di Hanoi melawan tuan rumah Vietnam.

Kemenangan ini meningkatkan peluang Timnas Indonesia untuk mencapai ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Tak Sendirian Masuk Daftar

Jay Idzes bukanlah satu-satunya yang masuk dalam daftar bintang pilihan AFC tersebut. Sebanyak 12 pemain terbaik dipilih oleh AFC untuk periode internasional Maret 2024.

Berikut para pemain terbaik matchday 3-4 Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua pilihan AFC:

Son Heung Min (Korea Selatan)

Jay Idzes (Indonesia)

Craig Goodwin (Australia)

Patiwat Khammai (Thailand)

Omar Khrbin (Suriah)

Joel Kojo (Kirgistan)

Sharif Muhammad (Afghanistan)

Oday Dabbagh (Palestina)

Wu Lei (China)

Eldor Shomurodov (Uzbekistan)

Sultan Adil (Uni Emirat Arab)

Moussa Al Taamari (Yordania)

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #fakta #idzes #jadi #bintang #pilihan #kualifikasi #piala #dunia #2026

KOMENTAR