Shin Tae-yong Harap-harap Cemas Soal Pemanggilan Pemain ke Timnas Indonesia U-23
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memimpin sesi latihan dalam TC di Antalya, Qatar. [dok. PSSI]
20:12
29 Maret 2024

Shin Tae-yong Harap-harap Cemas Soal Pemanggilan Pemain ke Timnas Indonesia U-23

Pelatih Shin Tae-yong disebut sangat berharap para pemain terbaik yang dipilihnya bisa memenuhi panggilan membela Timnas Indonesia di ajang Piala Asia U-23 2024.

Menurut asisten pelatih Nova Arianto, Shin Tae-yong dan seluruh staf kini masih harap-harap cemas menunggu hasil komunikasi PSSI dan klub.

Piala Asia U-23 2024 akan berlangsung di Qatar. Ajang ini dijadwalkan bergulir pada 15 April hingga 3 Mei mendatang.

Berbeda dengan Piala Asia senior, level U-23 ini bergulir di luar kalender jeda internasional FIFA. Alhasil, klub tak punya kewajiban untuk melepas pemain.

Situasi itu sedikit banyak menyulitkan Shin Tae-yong dalam memanggil pemain terbaik khususnya para penggawa keturunan dan abroad.

"Kita masih menunggu siapa pemain yang berangkat di tanggal 1 April. Harapan coach Shin Tae Yong, bisa tampil dengan pemain terbaik," kata Nova Arianto kepada awak media, di Jakarta Internasional Stadium (JIS), Kamis (28/3/2024).

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto. (pssi.org)Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto. (pssi.org)

Sejauh ini, banyak klub khususnya dari Liga 1 yang menyatakan keberatan untuk melepas para pemain ke Timnas Indonesia U-23, seperti Persija Jakarta dan Borneo FC.

Polemik yang terjadi kian membuat komposisi pemain Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024 semakin abu-abu. Padahal, Shin Tae-yong berencana menggelar training camp (TC) mulai 1 April di mana para pemain diharapkan sudah berkumpul pada 31 Maret.

"Kami lihat situasinya ada beberapa klub, yang [pemainnya baru bisa] dilepas pada 4 April atau setelah mereka bermain," kata Nova.

"Kami lihat situasinya ke depan. Kami masih menunggu karena komunikasi masih berjalan antara PSSI dan klub," tambahnya.

Ini merupakan Piala Asia U-23 perdana yang diikuti Timnas Indonesia. Mereka tergabung di Grup A bersama tuan rumah Qatar, Australia dan Yordania.

Timnas Indonesia akan menghadapi Qatar pada 15 April sebelum melawan Australia tiga hari berselang. Sedangkan laga kontra Yordania digelar pada 21 April.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #shin #yong #harap #harap #cemas #soal #pemanggilan #pemain #timnas #indonesia

KOMENTAR