Profil Bui Hoang Viet Anh, Pemain Vietnam yang Tukar Jersey dengan Justin Hubner
Bui Hoang Viet Anh dan Justin Hubner bertukar jersey. (TikTok/ngachel821)
17:06
28 Maret 2024

Profil Bui Hoang Viet Anh, Pemain Vietnam yang Tukar Jersey dengan Justin Hubner

Bek tengah Timnas Vietnam, Bui Hoang Viet Anh, menjadi salah satu pemain yang paling beruntung karena bisa mendapatkan jersey bek Timnas Indonesia, Justin Hubner, saat keduanya bentrok di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Bui Hoang Viet Anh berhasil mendapatkan jersey milik Justin Hubner itu setelah pertandingan antara Timnas Indonesia vs Vietnam di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3/2024) malam.

Dalam sejumlah video yang beredar di media sosial, terdapat momen-momen yang menampilkan ekspresi para pemain dari kedua kubu setelah pertandingan itu berakhir dengan skor 3-0 untuk kemenangan tim Garuda.

Setelah berpelukan dengan beberapa rekannya, Justin Hubner tampak menghampiri Bui Hoang Viet Anh. Saat berjalan bersama, keduanya terlihat sempat berbincang. Setelah itu, keduanya sama-sama melepas jersey.

Justin memberikan jersey Timnas Indonesia bernomor punggung 23 itu kepada Bui Viet Anh yang menjadi pemain bernomor punggung 20 di skuad Timnas Vietnam. Lalu, siapakah sosok pemain tersebut? Berikut Suara.com menyajikan profilnya.

Profil Bui Hoang Viet Anh

Bui Hoang Viet Anh merupakan salah satu pemain yang belakangan ini menjadi andalan Timnas Vietnam di sektor pertahanan. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini berasal dari klub Cong An Ha Noi (CAHN) FC.

Karier sepak bola pemain kelahiran 1 Januari 1999 itu dimulai bersama tim junior Hanoi FC. Dia berlatih di sana selama periode 2012 hingga 2018. Setelah enam tahun menimba ilmu, dia mendapatkan kesempatan promosi pada 2018.

Namun demikian, Viet Anh tak langsung bisa bermain di tim utama. Pasal ya, dia harus lebih dahulu menjalani masa peminjaman bersama klub kasta kedua, Hong Linh Ha Tinh, untuk memperoleh menit bermain.

Dia sebetulnya menjadi pemain yang penting bagi Hanoi FC. Namun, pada Oktober 2023, pemain berpostur 184 cm ini memutuskan untuk hijrah memperkuat klub jawara bertahan V.League, Hanoi Police.

Sejak berusia muda, Viet Anh merupakan pemain andalan Park Hang-seo di Timnas Vietnam U-23. Di level ini, dia merasakan dua kesempatan Piala Asia U-23 pada edisi 2020 dan 2022, juga SEA Games 2021.

Untuk edisi yang terakhir, Viet Anh turut membantu Timnas Vietnam U-23 meraih medali emas SEA Games 2021. Ini jadi medali kedua beruntun setelah The Golden Star meraihnya pada edisi 2019.

Sejauh ini, sejak mengukir debut pada 1 Februari 2021, Viet Anh sudah mengukir 15 kali penampilan bersama Timnas Vietnam di lintas ajang, termasuk menyumbang satu gol dan satu assist di Piala Asia 2023.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #profil #hoang #viet #pemain #vietnam #yang #tukar #jersey #dengan #justin #hubner

KOMENTAR