Timnas Indonesia Jadi Tim dengan Ranking FIFA Paling Melonjak di Jeda Internasional Maret
Selebrasi Para Pemain Timnas Indonesia Usai Cetak Gol ke Gawang Vietnam. (instagram.com/timnas.indonesia)
19:36
27 Maret 2024

Timnas Indonesia Jadi Tim dengan Ranking FIFA Paling Melonjak di Jeda Internasional Maret

Kemenangan back-to-back atas Vietnam dalam lanjutan Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia membuat Timnas Indonesia dinobatkan sebagai tim dengan Ranking FIFA paling melonjak selama jeda internasional atau FIFA Matchday Maret 2024.

Hal itu diketahui melalui perhitungan yang dilakukan Football-Ranking, laman khusus yang mendedikasikan diri mencatat perolehan dan pengurangan poin sebuah negara dalam klasemen Ranking FIFA.

Dipantau pada Rabu (27/3/2024) sore WIB, laman Football-Ranking menaruh Timnas Indonesia di posisi pertama dalam kolom 20 tim dengan lonjakan poin Ranking FIFA tertinggi bulan ini.

Hal itu bukan tanpa alasan, skuad Garuda diprediksi mendapat tambahan 30 poin setelah dua kali beruntun mengalahkan Vietnam bulan ini.

Tambahan poin yang begitu melimpah itu membuat posisi Timnas Indonesia diperkirakan akan naik delapan strip dari peringkat 142 menjadi 134.

Lonjakan poin ranking FIFA Timnas Indonesia jadi yang tertinggi diantara negara-negara yang turut memainkan pertandingan selama FIFA Matchday Maret 2024 ini.

Marselino Ferdinan saat membela Timnas Indonesia di laga melawan Vietnam, 26 Maret 2024 (pssi.org)Marselino Ferdinan saat membela Timnas Indonesia di laga melawan Vietnam, 26 Maret 2024 (pssi.org)

Skuad Garuda mengalahkan Georgia yang menduduki urutan kedua sebagai tim dengan lonjakan poin FIFA tertinggi yakni 21,3 yang membuat mereka naik dua peringkat dari 77 ke 75.

Di peringkat ketiga ada Amerika Serikat yang sukses meraup 19,4 poin disusul Afghanistan (19,2), Kirgistan (16,6) hingga Oman (15,7).

Timnas Indonesia diketahui sukses besar saat memainkan laga back-to-back kontra Vietnam dalam matchday ketiga dan keempat Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Tim asuhan Shin Tae-yong mengalahkan Vietnam dengan skor 1-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta pada 21 Maret lalu.

Lima hari berselang, Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan berhasil menang dengan skor lebih telak. Mereka menghancurkan The Golden Star Warriors di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi dengan skor 3-0.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #timnas #indonesia #jadi #dengan #ranking #fifa #paling #melonjak #jeda #internasional #maret

KOMENTAR