Ada Peran Islam, Ini yang Bikin Ragnar Oratmangoen Bersyukur Bela Timnas Indonesia
Penyerang Timnas Indonesia, Ragnar Oratmangoen ketika ditemui ANTARA di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa (19/3/2024). (ANTARA/Zaro Ezza Syachniar)
15:18
20 Maret 2024

Ada Peran Islam, Ini yang Bikin Ragnar Oratmangoen Bersyukur Bela Timnas Indonesia

Ragnar Oratmangoen mengungkapkan hal yang disyukuri setelah mantap menerima tawaran membela Timnas Indonesia. Selain aspek sepak bola, agama Islam jadi faktor yang membuatnya senang menjadi bagian Tim Merah Putih.

Ragnar Oratmangoen merupakan pemain berdarah Indonesia-Belanda yang lahir di Oss, Belanda 26 tahun silam. Dia mengaku sebagai seorang mualaf.

Pemain yang berposisi sebagai striker itu mengaku baru masuk Islam pada usia 15 tahun. Dia pun senang bisa dikelilingi banyak pemain muslim saat berseragam Timnas Indonesia.

"Saya dibesarkan sebagai seorang Kristen, tapi setelah saya tumbuh dewasa, saya menemukan jalan ke Islam saat usia 15 tahun," kata Ragnar Oratmangoen dalam Media Day Timnas Indonesia di Jakarta, Selasa (19/3/2024).

"Ini hal yang bagus, saya sudah dengar bahwa di tim ini banyak pemain muslim, jadi bagi saya ini adalah suasana baru."

"Biasanya saya berada di tim yang hanya ada mungkin 2-4 pemain yang menjalankan Ramadan. Jadi ini adalah hal yang spesial," tambahnya.

Ragnar Oratmangoen (kiri) dan Thom Haye saat prosesi pengambilan sumpah dan janji setia kepada NKRI (pssi.org)Ragnar Oratmangoen (kiri) dan Thom Haye saat prosesi pengambilan sumpah dan janji setia kepada NKRI (pssi.org)

Selain itu, Ragnar Oratmangoen juga mengungkapkan rasa bersyukur usai mantap menerima tawaran membela Timnas Indonesia. Salah satu yang dia kagumi adalah kumandang adzan yang terdengar diberbagai penjuru.

"Ya, saya pertama kali mendengar adzan saat di tempat latihan," kata Ragnar Oratmangoen.

"Saya mendengar adzan saat latihan dan menurut saya itu indah sekali. Saya senang bisa mendengar adzan dan merasakan suasana ini," tambahnya.

Meski telah berlatih bersama skuad Garuda, Ragnar Oratmangoen belum bisa membela Timnas Indonesia kontra Vietnam pada Kamis (20/3/2024).

Proses naturalisasi sang pemain baru rampung pada Senin (18/3/2024). Ragnar diperkirakan baru bisa membela Timnas Indonesia saat tim bertandang ke markas Vietnam di Hanoi pada 26 Maret mendatang.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #peran #islam #yang #bikin #ragnar #oratmangoen #bersyukur #bela #timnas #indonesia

KOMENTAR