Pesan Semangat STY untuk Indonesia: Nantikan Kebangkitan Tim Underdog
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, dalam sesi konferensi pers seusai laga Filipina vs Indonesia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Laga Filipina vs Indonesia berlangsung di Stadion Rizal Memorial pada Selasa (21/11/2023). Terkini, Shin Tae-yong akan memimpin timnas Indonesia melawan Irak pada Grup A Piala Asia 2023, Senin (15/1/2024). (Dok. PSSI)
18:34
13 Januari 2024

Pesan Semangat STY untuk Indonesia: Nantikan Kebangkitan Tim Underdog

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memberikan pesan semangat untuk skuad Garuda menjelang laga kontra Irak di Piala Asia 2023. 

Pertandingan Indonesia vs Irak pada Grup A Piala Asia 2023 akan digelar di Stadion Ahmad bin Ali, Senin (15/1/2024) pukul 21.30 WIB.

Shin Tae-yong mengobarkan semangat Garuda dengan memberikan motivasi melalui unggahan di Instagram pribadinya. 

Pelatih asal Korea Selatan itu mengharapkan kebangkitan Indonesia yang berstatus underdog alias tim tak diunggulkan.

"Kami, timnas Indonesia, memimpikan kebangkitan yang luar biasa sebagai tim underdog di Piala Asia 2023," tulis Shin Tae-yong. 

Shin Tae-yong meminta dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia agar timnya bisa melangkah jauh di Piala Asia 2023. 

"Kami telah berlari menuju satu tujuan dan sekarang saatnya untuk menunjukkannya. Tolong dukung kami agar keajaiban dapat menjadi kenyataan," imbuhnya. 

          View this post on Instagram                      

A post shared by ??? (@shintaeyong7777)

Irak unggul secara peringkat FIFA dibandingkan Indonesia. Irak ada di urutan ke-63, sedangkan Indonesia menempati posisi 146. 

Meski begitu, Shin Tae-yong menilai ranking FIFA bukan gambaran penuh kekuatan timnas Indonesia. 

“Saya mengatakan kepada para pemain, ‘peringkat FIFA hanya angka’. Saya rasa kekuatan Indonesia tak serendah itu,” ujarnya, dilansir dari Donga. 

“Saya sering mendorong para pemain untuk percaya pada diri mereka sendiri dan tidak takut melakukan kesalahan," kata dia. 

Timnas Indonesia ditargetkan melaju ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Selain melawan Irak, Indonesia juga bakal menghadapi Vietnam dan Jepang di Grup A. 

Duel kontra Vietnam dijadwalkan berlangsung pada 19 Januari dan terakhir melawan Jepang pada 24 Januari 2024. 

Editor: Farahdilla Puspa

Tag:  #pesan #semangat #untuk #indonesia #nantikan #kebangkitan #underdog

KOMENTAR