Alasan Pratama Arhan Sebut Target Lolos 16 Besar Piala Asia Wajar Bagi Timnas Indonesia
Pratama Arhan saat bermain melawan Filipina (affmitsubishielectriccup.com)
15:30
13 Januari 2024

Alasan Pratama Arhan Sebut Target Lolos 16 Besar Piala Asia Wajar Bagi Timnas Indonesia

Bek sayap Timnas Indonesia, Pratama Arhan menganggap target lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 yang ditetapkan PSSI dan pelatih Shin Tae-yong wajar untuk skuad Garuda.

Menurut eks pemain klub Jepang Tokyo Verdy itu, setiap tim maupun seorang pemain, memiliki target setiap mengikuti sebuah turnamen penting adalah hal yang sangat penting.

"Wajar sih [dengan target lolos ke 16 besar] karena kita harus punya target pribadi atau target tim," kata Pratama Arhan dikutip dari keterangan tertulis, Sabtu (13/1/2024).

"Karena memang di situlah kita bisa memaksimalkan kekuatan tim kita untuk bisa meraih hasil terbaik."

Pratama Arhan menjadi salah satu dari 26 pemain yang dipercaya Shin Tae-yong untuk membela Timnas Indonesia di Piala Asia 2023.

Meski dua musim terakhir tak mampu menembus skuad utama Tokyo Verdy dan penampilannya bisa dihitung jari, Arhan tetap jadi andalan skuad Garuda di sektor bek sayap kiri.

Pratama Arhan saat membela Timnas Indonesia. [Dok PSSI]Pratama Arhan saat membela Timnas Indonesia. [Dok PSSI]

Dalam tiga laga uji coba jelang Piala Asia 2023, Pratama Arhan juga selalu bermain.

Situasi Shayne Pattynama yang butuh waktu sebelum kembali bergabung dengan tim nasional pasca menjenguk ibunya yang sakit di Belanda, diperkirakan bakal memperbesar peluang Arhan untuk tetap menjadi starter.

Timnas Indonesia menjadi tim non-unggulan di Grup D Piala Asia 2023. Ranking FIFA mereka begitu rendah dibanding tiga lawannya yakni Jepang, Irak dan Vietnam.

Skuad Garuda saat ini menduduki peringkat 146 dunia, berbanding 17 milik Jepang, 63 punya Irak dan 94 diduduki Vietnam.

Timnas Indonesia akan mengawali perjuangan di Piala Asia 2023 dengan menghadapi Irak. Pertandingan ini akan berlangsung di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan pada 15 Januari mendatang.

Sementara laga kedua Grup D akan mempertemukan Timnas Indonesia menghadapi Vietnam pada 19 Januari di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha.

Laga ini dianggap krusial bagi kedua wakil ASEAN dalam memperbesar peluang merebut satu tiket ke babak 16 besar.

Sedangkan pada pertandingan ketiga atau pamungkas, Timnas Indonesia akan melawan Jepang yang secara matematis diunggulkan tak hanya lolos sebagai juara Grup D, tetapi juga menjadi kampiun ajang ini.

Piala Asia 2023 tengah berlangsung di Qatar mulai 12 Januari hingga 10 Februari 2024.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #alasan #pratama #arhan #sebut #target #lolos #besar #piala #asia #wajar #bagi #timnas #indonesia

KOMENTAR