Tekad Membara Philippe Troussier Akhiri Kutukan Lawan Timnas Indonesia, Cuma Gertak Sambal?
Pelatih Timnas Vietnam, Philippe Troussier memimpin timnya pada laga Piala Asia 2023 kontra Jepang di Qatar, Minggu (14/1/2024). [KARIM JAAFAR / AFP]
17:24
11 Maret 2024

Tekad Membara Philippe Troussier Akhiri Kutukan Lawan Timnas Indonesia, Cuma Gertak Sambal?

Pelatih Timnas Vietnam, Philippe Troussier menyadari kesulitan yang akan dihadapi timnya saat menghadapi Timnas Indonesia di lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 bulan Maret ini. Terlebih, sang juru taktik juga punya rekor miris setiap kali berhadapan dengan skuad Garuda.

Setelah bertemu pada Piala Asia 2023 lalu, di mana Timnas Indonesia menang 1-0 di Qatar, skuad Garuda akan kembali bertemu Timnas Vietnam senior.

Kali ini kedua tim akan berduel secara back-to-back untuk lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua.

Timnas Indonesia akan menjamu Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta pada 21 Maret nanti, sebelum Vietnam gantian menjamu skuad Garuda di Hanoi lima hari berselang.

Philippe Troussier sendiri sebagai pelatih punya rekor personal yang buruk setiap kali menghadapi Timnas Indonesia.

Sebelum Vietnam senior ditekuk Timnas Indonesia 0-1 pada fase grup Piala Asia 2023 awal tahun ini, Timnas Vietnam U-23 yang dibesut Troussier juga takluk 2-3 dari Indonesia pada semifinal SEA Games 2023 lalu dengan skor 2-3.

Flashback ke Piala Asia 2004 silam, pelatih 68 tahun asal Prancis itu juga pernah kehilangan pekerjaan setelah Timnas Qatar yang diasuhnya dipermalukan Timnas Indonesia di fase grup.

Jelang bentrokan terkini melawan Timnas Indonesia, Troussier mengobarkan tekad membara untuk bisa memutus rantai kesialan menghadapi skuad Garuda.

"Timnas Vietnam telah mempersiapkan diri dengan baik dan penuh semangat positif! Akan berat melawan Indonesia, tapi kami juga percaya diri," ungkap Troussier seperti dilansir media Vietnam, Dantri, Senin (11/3/2024).

"Dengan dukungan suporter, tim kami akan memasuki lapangan dengan semangat juang yang tinggi, mencerminkan semangat tak kenal menyerah masyarakat Vietnam, dan berupaya semaksimal mungkin mengatasi segala kesulitan serta tantangan," celoteh pelatih yang juga pernah menukangi Timnas Afrika Selatan dan Jepang itu.

"Kami mengincar hasil terbaik di Indonesia dan tentunya membidik poin penuh pada laga berikutnya di Hanoi!" sesumbarnya.

Troussier sendiri hari ini telah merilis 33 pemain yang disiapkan untuk laga kontra Timnas Indonesia di jeda internasional bulan ini.

Sebelumnya, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong juga telah mengumumkan skuadnya yang berisikan 28 pemain.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #tekad #membara #philippe #troussier #akhiri #kutukan #lawan #timnas #indonesia #cuma #gertak #sambal

KOMENTAR