Pertacami Resmi Jadi Anggota KOI, Langkah Bersejarah dalam Dunia Tarung Campuran Indonesia
PB Pertacami (Pengurus Besar Persatuan Tarung Campuran Indonesia) resmi diterima sebagai anggota KOI sejak 8 Maret 2024. (Istimewa)
08:54
10 Maret 2024

Pertacami Resmi Jadi Anggota KOI, Langkah Bersejarah dalam Dunia Tarung Campuran Indonesia

PB Pertacami (Pengurus Besar Persatuan Tarung Campuran Indonesia) resmi diterima sebagai anggota Komite Olimpiade Indonesia (KOI) sejak 8 Maret 2024. Pengesahan itu dilaksanakan melalui rapat umum anggota KOI, mengukuhkan status Pertacami sebagai bagian integral dari komunitas olahraga Indonesia.

Permohonan keanggotaan PB Pertacami telah dilayangkan sejak 17 Desember 2023. Keanggotaan itu adalah tonggak bersejarah bagi PB Pertacami dan seluruh keluarga besar tarung campuran Indonesia.

”Dengan bergabungnya PB Pertacami sebagai anggota KOI, diharapkan olahraga tarung campuran akan semakin mendapatkan perhatian dan dukungan yang layak di Indonesia,” ujar Ketua Umum PB Pertacami Tommy Paulus Hermawan.

Dia mengatakan, PB Pertacami berkomitmen untuk terus mengembangkan dan memajukan olahraga tarung campuran di Tanah Air. Selain itu, memberikan peluang lebih luas bagi para atlet untuk meraih prestasi gemilang di tingkat nasional dan internasional.

”Kami sangat bangga dan bersyukur atas diterimanya PB Pertacami sebagai anggota KOI. Ini merupakan momen bersejarah bagi kami dalam perjalanan olahraga tarung campuran di Indonesia,” papar Tommy Paulus Hermawan.

Menurut dia, keanggotaan itu bukan hanya tentang pengakuan, tetapi juga tanggung jawab yang lebih besar untuk terus mengembangkan olahraga. Selain itu, PB Pertacami akan membawa prestasi Indonesia ke panggung internasional.

”Kami berkomitmen untuk bekerja keras dan berkolaborasi dengan KOI serta seluruh pemangku kepentingan lain untuk mencapai tujuan ini,” ujar Tommy Paulus Hermawan didampingi Peter Taslim (Sekretaris Jenderal).

Tommy Paulus Hermawan juga dibantu Ramli sebagai Bendahara Umum PB Pertacami, Jovinus Carolus Legawa (Wakil Ketua Umum PB Pertacami), dan Alvin (Kepala Bidang Organisasi PB Pertacami).

Saat ini, PB Pertacami mempersiapkan diri untuk menjadi tuan rumah 4th GAMMA World MMA Championships U-18 & Senior 2024. Rencananya digelar pada Desember 2024 di Tangerang Selatan.

”Kami mohon doa restu dan dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia agar persiapan perhelatan ini dapat berjalan lancar dan menjadi kebanggaan tersendiri bagi Indonesia,” tutur Tommy.

Ketua KOI Raja Sapta Oktohari menyambut PB Pertacami sebagai anggota resmi KOI. ”Keberadaan PB Pertacami akan memperkaya ragam olahraga di bawah naungan KOI, khususnya olahraga bela diri di Indonesia. Kami berharap kolaborasi yang erat antara KOI dan PB Pertacami akan membawa prestasi gemilang bagi atlet Indonesia di tingkat nasional dan internasional,” tutur Raja Sapta Oktohari.

Pada Desember 2023, PB Pertacami mengirimkan enam atlet berkompetisi di ajang dunia GAMMA World MMA Championship 2023 di Bangkok, Thailand. Atlet PB Pertacami meraih prestasi medali emas di kelas 47,6 KG dengan nomor female Striking MMA oleh Viona Amallia Adinda Putri. Selain itu, medali perak di kelas 52,2 kg Men Eliter Striking MMA yang diraih Toni Kristian Hutapea.

Prestasi itu tidak hanya mencerminkan kemampuan atlet PB Pertacami, tetapi juga menunjukkan potensi besar olahraga tarung campuran di tingkat internasional.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #pertacami #resmi #jadi #anggota #langkah #bersejarah #dalam #dunia #tarung #campuran #indonesia

KOMENTAR