Hasil Liga 1: Penalti David Da Silva Bantu Persib Bungkam Persija di Si Jalak Harupat
Gelandang asing Persija Jakarta, Maciej Gajos (kanan) mendapat hadangan bek Persib Bandung Nick Kuipers dalam laga pekan ke-28 Liga 1 2023-2024 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Sabtu (9/3/2024). [Dok. Persija]
18:06
9 Maret 2024

Hasil Liga 1: Penalti David Da Silva Bantu Persib Bungkam Persija di Si Jalak Harupat

Persib Bandung berhasil menumbangkan Persija Jakarta dalam laga pekan ke-28 Liga 1 2023/2024 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Sabtu (9/3/2024).

Duel bertajuk El Clasico ini dimenangi Persib Bandung dengan skor 2-1 dalam pertandingan yang bergulir tanpa kehadiran penonton buntut sanksi Komdis PSSI kepada tuan rumah.

Persib Bandung unggul lebih dulu melalui gol David da Silva pada menit ke-24, sebelum Persija Jakarta menyamakan kedudukan 1-1 empat menit berselang melalui Maciej Gajos.

Baca juga: Beda Nasib Ivar Jenner dan Rafael Struick di Liga Belanda Pekan Ini, Satu Main 45 Menit yang Lain Tak Masuk Skuad

Tuan rumah pada akhirnya memastikan kemenangan lewat gol penalti David da Silva. Striker asal Brasil itu melengkapi brace lewat gol yang tercipta pada menit ke-69.

Kemenangan ini membuat Persib Bandung masih kokoh menduduki urutan dua klasemen Liga 1 2023-2024 dengan koleksi 51 poin dari 28 pertandingan.

Mereka pun kian dekat untuk mengamankan satu tiket ke babak championship series di mana empat tim teratas di klasemen akan memperebutkan gelar juara.

Gelandang Persija Jakarta, Hanif Sjahbandi (kanan) mendapat hadangan bek Persib Bandung Ryan Kurnia dalam laga pekan ke-28 Liga 1 2023-2024 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Sabtu (9/3/2024). [Dok. Persija]Gelandang Persija Jakarta, Hanif Sjahbandi (kanan) mendapat hadangan bek Persib Bandung Ryan Kurnia dalam laga pekan ke-28 Liga 1 2023-2024 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Sabtu (9/3/2024). [Dok. Persija]

Di sisi lain, kekalahan ini membuat Persija Jakarta cuma meraih satu kemenangan dalam lima laga terakhirnya di Liga 1.

Hasil minor ini membuat Macan Kemayoran untuk sementara tertahan di urutan 10 klasemen dengan koleksi 35 poin, terpaut 11 poin dari PSIS Semarang di urutan keempat.

Jalannya pertandingan

Persija menguasai permainan di 10 menit pertama dengan melakukan operan satu dua. Tapi, Ryo Matsumura dan kawan-kawan sulit membongkar pertahanan Persib sehingga belum ada peluang.

Justru Persib yang mendapat peluang terlebih dahulu. Sayangnya, tendangan Stefano Beltrame pada menit ke-11 menyamping tipis di tiang gawang Andritany.

Persib yang mulai mengendalikan permainan berhasil mencetak gol pada menit ke-22. David da Silva menyambar bola lewat skema sepak pojok. Skor 1-0 untuk Persib.

Menit ke-26 Persija sukses menyamakan kedudukan. Set-piece Ryo Matsumura ditanduk oleh Maciej Gajos ke dalam gawang Maung Bandung. Skor kini 1-1.

Persib kembali menguasai permainan usai skor berhasil disamakan oleh Persija. Namun, Macan Kemayoran juga tidak mau kalah karena bermain berbahaya ketika counter-attack.

Setelah berbagai percobaan tidak ada gol sampai turun minum. Kedua tim masih bermain sama kuat 1-1 di babak pertama.

Babak kedua masih sengit. Persib dan Persija masih ganti-gantian bermain berusaha membongkar pertahanan lawan masing-masing.

Sulit bagi kedua kesebelasan menciptakan peluang di paruh kedua ini. Bongkar pertahanan lawan pun agak susah karena kokohnya bek lawan masing-masing.

Sampai dengan menit ke-65 masih belum ada tambahan gol diciptakan. Kedua tim masih saling berusaha bongkar meski aliran lebih banyak di Persib Bandung.

Persib mendapat hadiah penalti pada menit ke-67 usai Rizky Ridho melakukan handball di kotak terlarang. David da Silva yang menjadi algojo berhasil mencetak brace si laga ini. Skor 2-1 buat Persib.

Persija hampir saja menyamakan kedudukan pada menit ke-80. Ryo Matsumura yang lepas dari kawalan gagal memasukkan bola meski sudah satu lawan satu dengan kiper Persib.

Tidak ada lagi gol tercipta sampai peluit tanda berakhirnya pertandingan dibunyikan. Persib Bandung kalahkan Persija Jakarta 2-1.

Susunan Pemain Persib Bandung vs Persija Jakarta

Persib (4-2-3-1): Kevin Mendoza; Rezaldi Hehanussa, Alberto Martin, Nick Kuipers, Henhen Herdiana; Marc Klok, Dedi Kusnandar; Ciro Alves, Stefano Beltrame, Ryan Kurnia; David da Silva.

Pelatih: Bojan Hodak.

Persija (3-4-3): Andritany Ardhiyasa; Ilham Rio Fahmi, Rizky Ridho, Hanif Sjahbandi; Oliver Bias, Resky Fandi, Syahrian Abimanyu, Firza Andika; Ryo Matsumura, Marko Simic, Maciej Gajos.

Pelatih: Thomas Doll.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #hasil #liga #penalti #david #silva #bantu #persib #bungkam #persija #jalak #harupat

KOMENTAR