Timnas Indonesia vs Vietnam: Bung Towel Tuntut Permainan Menyerang dari STY
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (pssi.org)
20:54
8 Maret 2024

Timnas Indonesia vs Vietnam: Bung Towel Tuntut Permainan Menyerang dari STY

Pengamat sepak bola Tommy Welly atau yang kerap disapa Bung Towel mengatakan bahwa Timnas Indonesia harus bermain ofensif dan menunjukkan karakter permainan yang kuat, saat menghadapi Vietnam dalam laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Towel menjelaskan, setiap pemain harus menunjukkan permainan yang positif dan menyerang, guna memperbesar peluang menciptakan gol.

"Yang diharapkan adalah permainan yang lebih kuat, lebih tajam, karena targetnya 'kan harus menang," kata Towel kepada Antara, Jumat (8/3/2024).

Lebih lanjut, Towel menjelaskan, untuk mewujudkan permainan yang berkarakter, strategi, dan pilihan pemain, dia menilai itu semua adalah urusan Shin Tae-yong (STY) yang merupakan pelatih dari Timnas Indonesia.

Ia menegaskan, setiap pemain yang dipanggil ke timnas merupakan tanggung jawab dari pelatih, sehingga harus dipertanggungjawabkan sepenuhnya alasan melakukan pemanggilan untuk membela Indonesia.

"Jadi misalnya, berdasarkan apa STY memanggil pemain untuk timnas, apakah berdasarkan performa di kompetisi atau bagaimana," ujar Bung Towel.

 Ia mengingatkan, dalam dua pertandingan kualifikasi terakhir, Timnas Indonesia sudah kalah 1-5 melawan Irak dan seri 1-1 saat bersua Filipina, sehingga target yang harus dicapai nanti adalah merebut kemenangan guna menjaga peluang untuk bisa lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Menurut dia, selama ini STY sudah diberikan banyak kemudahan untuk menentukan skuad timnas melalui program naturalisasi, sehingga sudah saatnya menunjukkan hasil yang maksimal dalam laga Kualifikasi Piala Dunia.

Jadi, tambah dia, Kualifikasi Piala Dunia ini adalah momentum untuk melihat sejauh apa STY bisa membawa Indonesia, agar dapat tampil dalam kompetisi kasta tertinggi sepak bola itu.

Shin Tae-yong telah mengantongi 28 pemain yang dipersiapkan untuk menjalani pemusatan latihan (TC) menjelang laga melawan Vietnam dalam lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua, pada 21 dan 26 Maret nanti.

"Sama seperti yang sudah kami rencanakan, tanggal 18 Maret berkumpul dan memulai TC," kata asisten pelatih Timnas Indonesia Nova Arianto.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #timnas #indonesia #vietnam #bung #towel #tuntut #permainan #menyerang #dari

KOMENTAR