Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Vietnam, Bisa Full 11 Naturalisasi!
Dua calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Jay Idzes (kanan) dan Thom Haye (kiri) (pssi.org)
15:24
7 Maret 2024

Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Vietnam, Bisa Full 11 Naturalisasi!

Disetujuinya pengajuan naturalisasi Thom Haye, Maarten Paes dan Ragnar Oratmangoen oleh Komisi X DPR RI memungkinkan skuad Timnas Indonesia diperkuat full 11 pemain naturalisasi.

Bahkan, potensi fenomena tersebut bisa terjadi dalam waktu dekat yakni ketika Timnas Indonesia menghadapi Vietnam dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada 21 dan 26 Maret 2024.

PSSI telah menegaskan ingin proses naturalisasi Thom Haye, Maarten Paes dan Ragnar Oratmangoen rampung secepat mungkin.

Andai berhasil menjadi WNI dalam waktu dekat plus perubahan asosiasi dari KNVB (Belanda) ke PSSI pun bisa rampung, maka skuad Garuda bisa diisi 11 pemain naturalisasi saat menghadapi Vietnam.

Paes, Haye dan Oratmangoen berpeluang menjadi WNI dalam waktu dekat. Setelah pengajuan naturalisasi disetujui Komisi X, berkas mereka akan dibahas Komisi III sebelum mendapat Keputusan Presiden (Keppres) hingga akhirnya menjalani sumpah WNI.

Andai proses naturalisasi dan perubahan asosiasi bisa rampung sebelum penutupan pendaftaran pemain Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada 13 Maret mendatang, tim asuhan Shin Tae-yong bakal mendapat tambahan kekuatan signifikan.

5 Fakta Ragnar Oratmangoen, Pemain Incaran Shin Tae-yong: Pilih Nikah Muda hingga Kakeknya Prajurit KNIL? (Instagram @fcgshots)5 Fakta Ragnar Oratmangoen, Pemain Incaran Shin Tae-yong: Pilih Nikah Muda hingga Kakeknya Prajurit KNIL? (Instagram @fcgshots)

Pasalnya, Maarten Paes akan menjadi kiper naturalisasi pertama yang dimiliki Timnas Indonesia. Pengalaman dan kepiawaian yang dimilikinya selama membela tim Major League Soccer (MLS), FC Dallas, akan sangat berguna bagi tim Merah Putih.

Tambahan kualitas dan pengalaman juga bakal diberikan Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen, dua pemain yang masing-masing berposisi gelandang dan penyerang.

Haye merupakan pemain andalan klub Eredivisie SC Heerenveen. Dia merupakan metronom utama di lini tengah kasta teratas Liga Belanda tersebut.

Sedangkan Ragnar Oratmangoen diharapkan bisa menjadi jawaban dari sulitnya Timnas Indonesia memiliki penyerang tangguh.

Dia saat ini tengah menjalani masa peminjaman bersama klub kasta teratas Liga Belanda, Fortuna Sittard. Klub pemiliknya adalah FC Groningen.

Berikut prediksi susunan pemain Timnas Indonesia vs Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia:

Timnas Indonesia (3-4-1-2): Maarten Paes; Justin Hubner, Jodri Amat, Elkan Baggott*; Sandy Walsh, Thom Haye, Marc Klok, Jay Idzes; Ivar Jenner; Ragnar Oratmangoen, Rafael Struick.

Pelatih: Shin Tae-yong

*Mendapat status WNI karena memilih alih-alih melewati proses naturalisasi.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #prediksi #susunan #pemain #timnas #indonesia #vietnam #bisa #full #naturalisasi

KOMENTAR