Timnas Indonesia Loyo di Laga Tandang, Begini Dalih Shin Tae-yong
Pelatih kepala Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (tengah). [ANTARA/Ho/PSSI]
11:45
6 Januari 2024

Timnas Indonesia Loyo di Laga Tandang, Begini Dalih Shin Tae-yong

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengungkap alasan mengapa timnya loyo ketika tampil di laga tandang. Ia mengatakan selama ini, tim asuhannya tidak pernah bisa tampil dengan kekuatan terbaik.

Timnas Indonesia memang selalu kesulitan ketika bermain di laga tandang. Bahkan saat lawan yang dihadapi memiliki kekuatan seimbang dengan skuad Garuda.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (tengah) memberikan instruksi kepada para pemain saat sesi latihan di Lapangan A Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Senin (9/10/2023). . ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww. (ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (tengah) memberikan instruksi kepada para pemain saat sesi latihan di Lapangan A Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Senin (9/10/2023). . ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww. (ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)

Itu terlihat dari empat laga terakhir skuad Garuda yang dilakoni di luar Indonesia. Tim besutan Shin Tae-yong tidak pernah merasakan hasil kemenangan.

Pertama di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026 di mana Timnas Indonesia dihajar Irak, 1-5. Kemudian, Jordi Amat dan kawan-kawan ditahan imbang Filipina 1-1 meski sebelumnya dijagokan di atas kertas.

Kekalahan teranyar terjadi pada laga uji coba yang berlangsung di Turki. Timnas Indonesia dua kali ditumbangkan Libya dengan skor 0-4 dan 1-2.

Hasil tersebut membuat mental bertanding Timnas Indonesia di laga tandang kelihatan tidak bagus. Terkait hal ini, Shin Tae-yong percaya bahwa skuad Garuda akan menjadi lebih baik.

"Pastinya saya mau mendapatkan kemenangan di setiap pertandingan. Tapi selama ini skuadnya kurang," kata Shin Tae-yong dalam keterangan yang diterima Suara.com, Sabtu (6/1/2024).

"Jadi untuk ke depannya pasti akan berkembang lebih baik lagi," jelas juru formasi asal Korea Selatan.

Perjuangan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 bakal lebih berat lagi. Pasalnya, mereka akan menghadapi tim-tim kuat di fase grup.

Kejuaraan itu berlangsung pada 12 Januari sampai 10 Desember 2024. Timnas Indonesia berada di Grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam.

Namun sebelum itu Timnas Indonesia akan lebih dahulu menjalani satu laga uji coba lagi melawan Iran di Qatar pada 9 Januari 2024.

Editor: Syaiful RachmanAdie Prasetyo Nugraha

Tag:  #timnas #indonesia #loyo #laga #tandang #begini #dalih #shin #yong

KOMENTAR