Dibanding SUGBK, 2 Stadion ini Lebih Menakutkan Bagi Timnas Vietnam
Timnas Vietnam Saat Berlaga di AFF Cup 2022 (affmitsubishielectriccup.com)
10:00
24 Februari 2024

Dibanding SUGBK, 2 Stadion ini Lebih Menakutkan Bagi Timnas Vietnam

Timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, dengan pertemuan pertama dijadwalkan pada 21 Maret 2024 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Garuda telah memastikan diri lolos ke babak kedua setelah mengalahkan Brunei Darussalam dengan agregat 12-0 pada play-off.

Selanjutnya, Timnas Indonesia akan menghadapi fase grup Kualifikasi Piala Dunia 2026 setelah melalui dua pertandingan tanpa kemenangan melawan Irak (takluk 1-5) dan Filipina (bermain imbang 1-1) di bawah bimbingan Shin Tae-yong.

Namun, SUGBK tidak sepenuhnya menjadi tempat yang penuh keberuntungan bagi timnas Vietnam.

Sebaliknya, dua stadion di luar Jakarta justru membawa keberuntungan bagi timnas Vietnam.

Stadion di Bogor dan Surabaya Lebih Mengerikan

Seiring berjalannya waktu, kota Surabaya menjadi saksi perubahan nasib Timnas Indonesia dalam pertemuan melawan Vietnam.

Enam tahun setelah keganasan mereka, Skuad Merah Putih berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 1-0. Namun, pada tahun 2012, Vietnam mampu memberikan perlawanan dengan hasil imbang 0-0, juga di Surabaya.

Pada Piala AFF 2016, Timnas Indonesia memilih Stadion Pakansari sebagai markas mereka. Keputusan itu membawa hasil positif, dengan Merah Putih berhasil mengalahkan Vietnam dengan skor 2-1.

Kemudian, Stadion Kapten I Wayan Dipta menjadi tuan rumah bagi Timnas Indonesia dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 saat menjamu Vietnam.

Pada pertemuan tersebut, tim yang saat itu dilatih oleh Simon McMenemy harus menelan kekalahan dengan skor 1-3.

Sebuah catatan yang memberikan nuansa berbeda dalam sejarah pertemuan antara Timnas Indonesia dan Vietnam di berbagai stadion di Indonesia.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #dibanding #sugbk #stadion #lebih #menakutkan #bagi #timnas #vietnam

KOMENTAR