2 Rekor Timnas Indonesia Dibongkar Erick Thohir Usai Ranking FIFA Melonjak Tajam
Selebrasi timnas Indonesia U-23 dalam Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 (pssi.org)
11:12
16 Februari 2024

2 Rekor Timnas Indonesia Dibongkar Erick Thohir Usai Ranking FIFA Melonjak Tajam

Ketua Umum PSSI Erick Thohir membongkar 2 rekor baru yang dicapai Timnas Indonesia usai mengalami penaikan ranking FIFA. Ranking FIFA Timnas Indonesia melonjak ke peringkat 142 dunia dengan 1072,66 poin.

Dilansir dari ranking terkini FIFA pada Kamis (15/2), posisi Indonesia mengalami kenaikan empat tingkat dari peringkat 146 dunia pada Desember 2023 menjadi 142.

Prestasi luar biasa Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 Qatar, berhasil mencapai babak 16 besar, turut berkontribusi pada peningkatan peringkat Indonesia.

Dua rekor itu adalah ranking FIFA tertinggi dalam 5 tahun terakhir dan dalam setahun bisa naik hingga 4 tangga.

"Alhamdulillah, posisi 142 di FIFA tak hanya tertinggi dalam lima tahun terakhir, tapi juga dalam setahun ini," kata Erick Thohir.

PSSI di bawah kepemimpinan Erick Thohir bertekad untuk terus mengupayakan pencapaian target, yaitu meraih peringkat 100 dunia FIFA.

"Meski target saya tetap segera mungkin bisa tembus 100 dunia, namun ini sebuah proses yang membuktikan program yang kami lakukan di PSSI, terutama dalam menyiapkan timnas yang kompetitif dan berkualitas, sudah on the track," ungkap Erick.

Kemajuan Indonesia dalam peringkat FIFA akan diuji saat putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada bulan Maret mendatang.

Timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam dalam pertandingan kandang dan tandang pada 21 Maret dan 26 Maret.

Dua kemenangan tersebut bukan hanya dapat meningkatkan peringkat FIFA Indonesia, tetapi juga membuka peluang menuju putaran ketiga, mendekatkan langkah ke Piala Dunia 2026 di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #rekor #timnas #indonesia #dibongkar #erick #thohir #usai #ranking #fifa #melonjak #tajam

KOMENTAR