Naturalisasi Maarten Paes Agak Rumit, Internal PSSI Malah Beda Pendapat
Penjaga gawang berdarah Indonesia, Maarten Paes. (mlssoccer.com)
14:24
13 Februari 2024

Naturalisasi Maarten Paes Agak Rumit, Internal PSSI Malah Beda Pendapat

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga menerangkan bahwa proses naturalisasi Maarten Paes berbeda dengan Jordi Amat. Ia mengatakan ada beberapa tahapan yang harus dilalui supaya sang kiper bisa membela Timnas Indonesia.

Apa yang disampaikan Arya Sinulingga menanggapi komentar mantan Anggota Exco PSSI, Hasani Abdulgani yang mengatakan Maarten Paes masih berpeluang membela Timnas Indonesia. Ini bisa dilihat dari aturan FIFA artikel nomor 9.

Seperti diketahui, Maarten Paes terancam tidak dapat memperkuat Timnas Indonesia meski nantinya sudah sah menjadi WNI lewat jalur naturalisasi.

Hal ini dikarenakan kiper 25 tahun berdarah Indonesia - Belanda itu sempat memperkuat Timnas Belanda U-21 di Euro U-21 melawan Belarusia.

Ketika itu, Paes sudah berusia 22 tahun di mana sudah melewati batas tampil memperkuat negara lain.

Menurut Hasani, kasus yang menimpa Paes tak jauh berbeda dengan Jordi Amat sehingga masih bisa diusahakan. Ia pun meminta tim legal PSSI jeli melihat aturan.

Arya mengucapkan terima kasih kepada Hasani yang sudah memberikan masukan kepada PSSI. Tapi, ia menyebut kasus Paes berbeda dengan Jordi.

"Mengenai pasal yang dibicarakan Pak Hasani, sudah kami teliti, tapi ada proses yang harus kami kerjakan terlebih dahulu," ucap Arya kepada awak media termasuk Suara.com, Selasa (13/2/2024).

Exco PSSI, Arya Sinulingga, ketika menghadiri diskusi Anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga. [dok. PSSI Pers]

"Saya yakin Pak Hasani ini percaya dengan tim legal PSSI karena ada di bawah komando Pak Ketua Umum PSSI (Erick Thohir)," jelasnya.

Arya menyebut, dalam waktu dekat ini Paes akan tetap diproses naturalisasinya sampai menjadi WNI. Setelah itu, baru akan ada negosiasi lanjutan dilakukan.

"Sekarang fokus kami itu berusaha semaksimal mungkin agar Maarten Paes bisa dinaturalisasi dahulu. Setelah itu, tahapan selanjutnya yang dilakukan yaitu proses ke FIFA," terangnya.

"Tanpa proses naturalisasi dahulu, kami tidak bisa melangkah jauh dengan FIFA. Kami ini tidak pernah suka berjanji seperti yang dibicarakan oleh Pak Ketua Umum PSSI."

"Kalau bisa, ya bisa. Nah saat ini kami masih berjuang dan tidak mau terlebih dahulu kasih janji yang tidak pasti," jelas Arya.

Lebih lanjut, Arya ingin Hasani fokus dengan tugasnya di Komite Disiplin (Komdis) PSSI. Masalah Paes sudah ada yang menangani.

"Pak Hasani sekarang fokus dulu di Komdis PSSI dan biarkan kami yang menyelesaikan masalah ini," tutup Arya Sinulingga.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #naturalisasi #maarten #paes #agak #rumit #internal #pssi #malah #beda #pendapat

KOMENTAR