2 Syarat Lionel Messi Bisa Hadapi STY dan Timnas Indonesia di Olimpiade 2024
Penyerang Argentina Lionel Messi merayakan golnya ke gawang Ekuador pada pertandingan sepak bola kualifikasi Amerika Selatan Piala Dunia FIFA 2026, di stadion Mas Monumental di Buenos Aires, pada 7 September 2023. Luis ROBAYO / AFP
13:54
13 Pebruari 2024

2 Syarat Lionel Messi Bisa Hadapi STY dan Timnas Indonesia di Olimpiade 2024

Lionel Messi memiliki peluang berhadapan dengan Timnas Indonesia di Olimpiade 2024 Paris. Meski demikian, terdapat setidaknya dua syarat agar hal itu terwujud.

Pemain klub Major League Soccer (MLS), Inter Miami itu mendapat undangan untuk tampil di Olimpiade 2024 oleh pelatih Argentina U-23, Javier Mascherano.

Tak hanya Messi, Mascherano juga mengundang Angel Di Maria untuk bergabung dengan barisan pemain muda Argentina di multievent terakbar dunia itu.

"Semua orang sudah tahu hubunganku dengan Leo (Lionel Messi), persahabatan yang saya miliki. Untuk pemain sepertinya pintu selalu terbuka, maka itu tergantung komitmennya," kata Mascherano dikutip dari Reuters, Selasa (13/2/2024).

"Mereka [Messi dan Angel Di Maria] berhak memutuskan apa yang mereka inginkan, tetapi jelas kami akan mencoba mengundang mereka dan kita lihat bagaimana nanti," tambahnya.

Argentina U-23 sudah dipastikan lolos ke Olimpiade 2024 setelah mengalahkan Brasil U-23 dengan skor 1-0 pada Senin (12/2/2024).

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (pssi.org)Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (pssi.org)

Kemenangan itu membuat Argentina finis sebagai runner-up klasemen akhir pra-Olympic CONMEBOL 2024 dengan koleksi lima poin. Mereka lolos bersama Paraguay yang memuncaki klasemen dengan tujuh poin.

Lolosnya Argentina U-23 dan undangan terbuka dari Mascherano, membuat Lionel Messi berpeluang tampil di Olimpiade 2024. Andai menerima tawaran, La Pulga berpotensi berjumpa dengan Timnas Indonesia U-23 asuhan Shin Tae-yong.

2 Syarat Lionel Messi hadapi Timnas Indonesia U-23 asuhan Shin Tae-yong di Olimpiade 2024:

1. Menerima Tawaran

Penyerang Timnas Argentina, Lionel Messi. [Daniel RAMALHO / AFP]Penyerang Timnas Argentina, Lionel Messi. [Daniel RAMALHO / AFP]

Lionel Messi belum tentu menerima undangan Mascherano untuk membela Argentina U-23 di Olimpiade 2024 Paris. Pasalnya, tahun ini dia memiliki banyak kesibukan.

Sebelum bergulirnya Olimpiade 2024, Messi dijadwalkan membela tim nasional senior Argentina di Copa America pada 20 Juni hingga 14 Juli.

Sementara cabang olahraga sepak bola Olimpiade 2024 sudah akan bergulir pada 24 Juli. Andai menerima tawaran Mascherano, Messi akan sangat sibuk karena cuma punya jeda 10 hari sebelum membela Argentina U-23.

2. Timnas Indonesia Lolos

Timnas Indonesia U-23 vs Taiwan (dok. pssi)Timnas Indonesia U-23 vs Taiwan (dok. pssi)

Timnas Indonesia U-23 harus berjuang lebih dulu di Piala Asia U-23 2024 yang akan berlangsung di Qatar pada April mendatang demi mengamankan tiket Olimpiade 2024.

Tim asuhan Shin Tae-yong setidaknya harus melangkah hingga babak semifinal untuk mengamankan tempat baik secara langsung ataupun melalui play-off untuk tampil di Olimpiade 2024.

Babak semifinal sesuai dengan target pribadi Shin Tae-yong, meski PSSI cuma mengharapkan skuad Garuda Muda bisa melangkah ke babak delapan besar.

Andai dua syarat di atas terpenuhi, Lionel Messi dan Timnas Indonesia cuma harus berharap keberuntungan untuk dipertemukan baik dari undian fase grup atau berjumpa di babak selanjutnya.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #syarat #lionel #messi #bisa #hadapi #timnas #indonesia #olimpiade #2024

KOMENTAR