4 Pemain Terbaik saat SC Heerenveen Kalahkan Ajax Menurut Rating, Ada Thom Haye
Gelandang SC Heerenveen, Thom Haye (paling kanan) merayakan gol timnya ke gawang Ajax pada laga lanjutan Eredivisie 2023/2024, Minggu (11/2/2024) malam WIB. [doc. Heerenveen]
13:48
12 Februari 2024

4 Pemain Terbaik saat SC Heerenveen Kalahkan Ajax Menurut Rating, Ada Thom Haye

Sebanyak empat pemain mendapat rating tinggi kala SC Heerenveen menumbangkan Ajax Amsterdam, di mana salah satunya adalah calon pemain Timnas Indonesia, Thom Haye.

Liga Belanda atau Eredivisie musim 2023/2024 berlanjut di pekan ke-21. Dalam pekan tersebut, ada duel menarik antara Heerenveen vs Ajax Amsterdam, Minggu (11/2).

Dalam pertandingan itu, Heerenveen selaku tuan rumah berhasil mengalahkan tamunya tersebut dengan skor tipis 3-2.

De Superfriezen, julukan Heerenveen, mampu unggul tiga gol atas Ajax setelah Pelle van Amersfoort mencetak gol di menit ke-11 dan 46, serta Osame Sahraoui yang menyumbang gol di menit ke-38.

Namun di sisa waktu pertandingan, Ajax mampu memperkecil ketertinggalan lewat gol bunuh diri Ppawel Bochniewicz di menit ke-51 dan gol Chuba Akpom di menit ke-79.

Kemenangan Heerenveen atas Ajax tersebut juga tak lepas dari kontribusi Thom Haye. Calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia tampil sejak menit pertama bagi De Superfriezen.

Meski tak mencetak gol, siapa sangka Thom Haye terpilih sebagai salah satu dari empat pemain dengan rating terbaik versi Whoscored.

Pemain berusia 29 tahun itu mendapat rating 7,5 atau setara dengan Osami Sahraoui yang mencetak gol di laga itu dan kalah dari Pelle van Amersfoort yang berhasil mendapat rating 8,5 berkat Brace-nya.

Lalu bagaimana statistik Thom Haye bagi Heerenveen di laga kontra Ajax sehingga dirinya bisa menjadi salah satu pemain dengan rating terbaik?

Jadi Otak Heerenveen dan Solid dalam Bertahan

Dalam pertandingan tersebut, Thom Haye bermain penuh selama 90 menit dan mampu memberikan penampilan memukau sepanjang laga.

Pemain keturunan Solo dan Sulawesi Utara itu menjadi otak permainan Heerenveen dengan melepaskan 39 operan akurat dari total 49 operannya.

Dalam menyerang, Thom Haye mampu melepaskan tiga umpan kunci (Key Passes) dan sekali melepaskan tembakan yang hanya membentur mistar gawang Ajax.

Sebagai gelandang sentral, Thom Haye juga ditugaskan bertahan. Saat bertahan, ia tercatat melakukan 8 kali duel dan memenangkan 2 duel di antaranya.

Di samping itu, aksi bertahan Thom Haye juga terlihat dari 4 Clearances atau sapuan yang dia buat serta 3 intersep dan 1 tekel di laga tersebut.

Dengan catatan itu, wajar jika Thom Haye menjadi salah satu penampil terbaik di laga Heerenveen vs Ajax. Andai satu tembakannya menghasilkan gol, bukan tak mungkin dirinya akan menjadi Man of the Match di laga itu.

Kontributor: Felix Indra Jaya

Editor: Irwan Febri

Tag:  #pemain #terbaik #saat #heerenveen #kalahkan #ajax #menurut #rating #thom #haye

KOMENTAR