3 Pemain Timnas Indonesia yang Terancam Dicoret Efek Kedatangan Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On
Bek Timnas Indonesia, Wahyu Prasetyo. (Instagram/psisofficial)
12:48
12 Februari 2024

3 Pemain Timnas Indonesia yang Terancam Dicoret Efek Kedatangan Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On

Timnas Indonesia kedatangan dua pemain keturunan yang kemungkinan bakal dipanggil pelatih Shin Tae-yong untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada Maret mendatang.

Kehadiran mereka yakni Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On, diprediksi bakal menggeser para pemain yang sebelumnya masuk skuad Piala Asia 2023.

Setidaknya terdapat tiga pemain yang terancam tak dipanggil Shin Tae-yong saat Timnas Indonesia memainkan dua laga back-to-back kontra Vietnam pada Maret mendatang.

Jay Idzes, yang bermain untuk klub kasta kedua Liga Italia (Serie B), Venezia, telah merampungkan proses naturalisasi sebagai warga negara Indonesia (WNI) pada Desember 2023.

Perpindahan federasi Jay Idzes dari Belanda (KNVB) ke PSSI disebut telah rampung. Sang pemain pun kini memenuhi persyaratan untuk membela Timnas Indonesia.

Sementara Nathan Tjoe-A-On saat ini masih menjalani proses naturalisasi. Dia tinggal merampungkan dua tahap yakni mengambil sumpah WNI dan menjalani proses perubahan asosiasi dari KNVB ke PSSI.

Dua pemain keturunan, Jay Idzes mengenakan seragam Timnas Indonesia ketika menyambangi Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta pada Jumat (29/12/2023). [Dok. PSSI]Dua pemain keturunan, Jay Idzes mengenakan seragam Timnas Indonesia ketika menyambangi Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta pada Jumat (29/12/2023). [Dok. PSSI]

Melihat dua tahap itu sejatinya bisa dikebut cukup cepat, Nathan Tjoe-A-On kemungkinan bisa diturunkan Shin Tae-yong di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada Maret mendatang.

Kehadiran dua pemain tersebut membuat beberapa penggawa Timnas Indonesia terancam di coret, khususnya yang dibawa Shin Tae-yong pada Piala Asia 2023 lalu.

Juru taktik asal Korea Selatan membawa 26 pemain dalam skuad Piala Asia 2023, tetapi diprediksi cuma akan memanggil 25 pemain dalam persiapan menuju Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Artinya, setidaknya tiga pemain bakal tersisih dengan kehadiran Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On. Mereka antara lain Wahyu Prasetyo, Edo Febriansah dan Dendy Sulistyawan.

Wahyu Prasetyo tidak menjadi pemain utama dalam skuad Shin Tae-yong di Piala Asia 2023. Kehadiran Jay Idzes di sektor bek tengah, dinilai bakal membuatnya terdepak dari skuad Merah Putih.

Situasi serupa juga diprediksi menimpa Edo. Fullback kiri ini tidak mendapatkan banyak kesempatan oleh Shin Tae-yong sehingga posisinya rawan didepak oleh Nathan Tjoe-A-On.

Dendy Sulistyawan dalam sebuah latihan bersama Timnas Indonesia (pssi.org)Dendy Sulistyawan dalam sebuah latihan bersama Timnas Indonesia (pssi.org)

Khusus untuk Dendy Sulistyawan. Sang striker juga tak jadi andalan Shin Tae-yong di Piala Asia 2023. Dia bahkan sama sekali tidak diturunkan dalam empat pertandingan yang dimainkan Timnas Indonesia.

Mengingat Shin Tae-yong sepertinya telah menjadikan Rafael Struick sebagai penyerang andalan, Dendy kemungkinan akan dicoret andai performanya tidak membaik saat membela Bhayangkara FC di Liga 1 2023-2024.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #pemain #timnas #indonesia #yang #terancam #dicoret #efek #kedatangan #idzes #nathan #tjoe

KOMENTAR