Media Korea Anggap Pratama Arhan Setara Lingard: Duet Maut Gebrak K League 2024
Perbandingan gaji Pratama Arhan dan Jesse Lingard. (Kolase Instagram/@pratamaarhan8 dan @jesselingard)
06:36
10 Februari 2024

Media Korea Anggap Pratama Arhan Setara Lingard: Duet Maut Gebrak K League 2024

Media Korea Selatan, Chosun, menganggap kehadiran Pratama Arhan di K League 2024 tidak kalah mentereng dibanding eks Manchester United Jesse Lingard.

Kedua pemain bahkan dianggap sebagai duet maut yang bisa menggebrak K League 2024 menjadi lebih meriah baik dalam aspek hiburan maupun teknis di lapangan.

Pratama Arhan menjadi pesepak bola Indonesia pertama yang berkarier di kasta teratas Liga Korea Selatan setelah direkrut Suwon FC pada Januari 2024.

Pemain berposisi bek kiri itu direkrut Suwon FC dengan status bebas transfer setelah memilih meninggalkan Tokyo Verdy setelah kontraknya berakhir.

Kehadiran Arhan dinilai tak hanya memberi dampak positif bagi Suwon FC yang mendapat "promosi gratis" mengingat begitu terkenalnya eks PSIS Semarang itu di Indonesia.

Chosun merasa K League ikut mendapat imbas positif dari keberadaan Arhan, yang diketahui mampu "menyetir" para pecinta sepak bola di negaranya untuk setidaknya mengikuti akun media sosial klub yang tengah dia bela.

Pratama Arhan resmi gabung Suwon FC. [IG Suwon FC]Pratama Arhan resmi gabung Suwon FC. [IG Suwon FC]

Kelebihan Arhan dalam aspek menarik penonton disebut Chosun tak kalah dari Jesse Lingard yang musim ini dipastikan bakal membela Seoul FC setelah menandatangani kontrak 2+1 tahun.

Arhan diketahui memiliki jumlah followers Instagram lebih dari 7 juta, sementara Jesse Lingard punya pengikut lebih dari 9 juta.

"Total penonton K League tahun lalu sebanyak 2.447.147 orang. Gabungan pengikut media sosial Lingard dan Arhaan mencapai 17 juta," tulis Chosun dikutip Suara.com pada Jumat (9/2/2024).

"Dengan kehebohan Lingard di Seoul dan demam Asia Tenggara di Suwon, musim baru ini dipenuhi dengan konten yang sangat beragam dan kaya baik secara kuantitatif maupun kualitatif, dan ekspektasi sudah tinggi terhadap penonton musim semi."

Selain menyoroti dampak positif dari sisi menarik khalayak, Arhan dan Lingard juga dianggap Chosun bakal memberikan suntikan kualitas lewat caranya masing-masing.

Lingard dengan pengalamannya di Eropa khususnya saat berseragam Manchester United, akan memberikan kualitas tambahan untuk Seoul FC dan liga secara keseluruhan.

Jesse Lingard resmi gabung FC Seoul. [STR / YONHAP / AFP]Jesse Lingard resmi gabung FC Seoul. [STR / YONHAP / AFP]

Sementara Arhan dinilai sebagai pesepak bola muda berbakat yang sangat dipercaya pelatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia berkat determinasinya plus kemampuan lemparan jauh.

"Pada laga terakhir fase grup Piala Asia 2023 kontra Jepang, Arhan membantu gol hiburan Timnas Indonesia yang dicetak Sandy Walsh lewat lemparan ke dalam jarak jauh menembus kotak penalti lawan," tulis Chosun.

"Dia sekali lagi membuktikan kemampuannya dengan lemparan ke dalam yang lebih akurat dan mengancam dibandingkan tendangan bebasnya."

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #media #korea #anggap #pratama #arhan #setara #lingard #duet #maut #gebrak #league #2024

KOMENTAR