Ada Shin Tae-yong, Ini 3 Pelatih yang Bisa Gantikan Jurgen Klinsmann di Timnas Korea Selatan
Shin Tae-yong kejar bonus khusus bagi timnas Indonesia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 (pssi.org)
16:42
9 Februari 2024

Ada Shin Tae-yong, Ini 3 Pelatih yang Bisa Gantikan Jurgen Klinsmann di Timnas Korea Selatan

Pelatih Timnas Korea Selatan, Jurgen Klinsmann, tampaknya mulai mendapatkan ancaman. Posisinya semakin mendapat tekanan setelah gagal membawa anak asuhnya berprestasi di Piala Asia 2023.

Yang terbaru, Jurgen Klinsmann harus puas membawa Timnas Korea Selatan hingga fase semifinal Piala Asia 2023. Son Heung-min dan kawan-kawan kandas dari Yordania dengan skor 0-2 dan gagal melaju ke final.

Saat kembali ke Korea Selatan, Jurgen Klinsmann dan Timnas Korea Selatan mendapatkan sambutan yang kurang hangat dari pendukungnya. Mereka bahkan dilempari benda-benda aneh seperti permen.

Situasi semacam inilah yang mengancam posisi Jurgen Klinsmann. Shin Tae-yong dan anak asuhnya pernah merasakan hal serupa saat pulang dari Piala Dunia 2018.

Berikut Suara.com menyajikan tiga nama pelatih yang layak menggantikan posisi Jurgen Klinsmann di kursi pelatih Timnas Korea Selatan.

1. Shin Tae-yong

Shin Tae-yong merupakan salah satu pelatih yang punya kiprah mentereng belakangan ini. Juru taktik asal Korea Selatan itu dinilai mampu memberikan perubahan besar saat menangani Timnas Indonesia.

Sebelumnya, Shin Tae-yong sukses membawa Korea Selatan lolos ke final Piala Asia 2014. Ini adalah catatan pertama selama 27 tahun terakhir. Saat itu, dia masih berstatus sebagai asisten pelatih yang membantu Uli Stielike.

Di bawah asuhan Shin Tae-yong, Taeguk Warriors juga sukses membawa timnya lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018, termasuk mengalahkan Jerman dengan skor 2-0.

2. Park Hang-seo

Nominasi selanjutnya yang juga patut dipertimbangkan oleh Federasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) ialah Park Hang-seo. Pelatih berusia 66 tahun itu juga memiliki rekam jejak yang cukup mentereng.

Saat masih menjabat sebagai asisten pelatih, Park Hang-seo pernah menjadi asisten pelatih Timnas Korea Selatan yang ketika itu masih ditangani oleh Guus Hiddink, tepatnya pada Piala Dunia 2002.

Nama Park Hang-seo belakangan ini cukup bersinar karena mampu membawa prestasi yang membanggakan bagi Timnas Vietnam di berbagai kelompok usia.

3. Antonio Conte

Jika mempertimbangkan pelatih top dunia, maka sosok yang patut masuk daftar incaran KFA ialah Antonio Conte. Pelatih asal Italia ini bakal menjadi pelatih yang sangat mentereng bagi Timnas Korea Selatan.

Setelah meninggalkan Tottenham Hotspur pada Maret tahun lalu, Antonio Conte sampai saat ini masih berstatus tanpa klub. Dengan kata lain, bekas pelatih Timnas Italia sekarang itu masih menganggur.

Dia punya rekam jejak yang mentereng karena pernah menangani klub-klub elite di Eropa seperti Juventus, Chelsea, Inter Milan, hingga yang terakhir Tottenham Hotspur.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #shin #yong #pelatih #yang #bisa #gantikan #jurgen #klinsmann #timnas #korea #selatan

KOMENTAR