Megawati Tak Tersentuh, Pelatih Red Sparks Buka Opsi Rotasi Setter Utama Gegara Kalah Blocking
Selebrasi pemain Jung Kwan Jang Red Sparks bersama Megawati Hangestri di kompetisi Liga Voli Korea Selatan Putri atau V-League Women 2023/2024. 
13:50
9 Pebruari 2024

Megawati Tak Tersentuh, Pelatih Red Sparks Buka Opsi Rotasi Setter Utama Gegara Kalah Blocking

- Pelatih Red Sparks, Ko Hee-jin, membuka opsi lakukan rotasi pemain di sisa pertandingan Liga Voli Korea Selatan 2023/2024. Megawati Hangestri Pertiwi menjadi satu di antara pemain yang tak tersentuh rotasi.

Kekalahan 3-1 atas Pink Spiders di lanjutan Liga Voli Korea membuat Red Sparks berencana mengubah taktik di 9 pertandingan sisa fase reguler.

Ko Hee-jin mengungkapkan alasan di balik opsinya untuk melakukan perubahan line-up di laga selanjutnya. Fokus utama pelatih tim Megawati Hangestri dan kolega ini ialah lolos ke babak play-off.

Red Sparks sejatinya tampil spartan saat takluk di kandang Pink Spiders, Kamis (8/2/2024). Akan tetapi ada beberapa celah yang dapat dimanfaatkan oleh Kim Yeon-koung dan kolega.

Megawati Hangestri (kiri) dan Ko Hee-jin (kanan) berfoto bareng saat berada di SEA Games 2023 Kamboja. Ko Hee-jin merupakan pelatih KGC yang merupakan tim voli Korea Selatan yang akan diperkuat Megawati Hangestri musim 2023/2024. Megawati Hangestri (kiri) dan Ko Hee-jin (kanan) berfoto bareng saat berada di SEA Games 2023 Kamboja. Ko Hee-jin merupakan pelatih KGC yang merupakan tim voli Korea Selatan yang akan diperkuat Megawati Hangestri musim 2023/2024. (Instagram @kgcvolley)

Ko Hee-jin mengklaim, sektor pemblokiran jadi titik lemah paling vital.

Hal itu terlihat beberapa kali saat spike Willow Johnson, Kim Yeon-koung, hingga Reina Tokoku gagal diblock oleh pemain Red Sparks.

Pilihan rotasi yang berpeluang dilakukan Ko Hee-jin pada pertandingan selanjutnya ialah mengganti pos setter. Yeom Hye-seon sebagai tosser utama tim Red Sparks jelas tidak perlu diragukan kualitasnya.

Akan tetapi posturnya yang 'hanya' 177 sentimeter, membuatnya menjadi incaran spike lawan ketika dia berada di posisi depan.

Hal ini coba disiasati oleh Ko Hee-jin dengan memasukkan Lee Seon-woo.

"Kami sedang berpikir untuk mengubah taktik, tidak hanya mempertimbangkan liga reguler tetapi juga pertandingan jangka pendek di masa depan," dikutip dari laman Naver.

"Block yang dilakukan Hye-son kurang bagus karena memiliki postur yang tidak tinggi," sambung Hee-jin.

"Jadi kami berpikir untuk melakukan perubahan (rotasi) di laga selanjutnya."

Rencana rotasi pemain memang tidak harus dimulai dari starter. Mengingat Yeum Hye-seon merupakan tosser utama, artinya chemistrynya dengan pemain lain seperti Megawati, Giovanna Milana, hingga Lee So-young menjadi jaminan.

Ko Hee-jin menyiapkan alternatif rotasi jika sang setter berada di posisi depan dengan memainkan Lee Seon-woo. Secara posisi, Seon-woo merupakan pemain yang berposisi sebagai outside hitter.

Namun dengan posturnya yang tinggi, bisa membantu lini pertahanan melalui blocknya. 

"Saya menyiapkan pilihan untuk memasukkan Lee Seon-woo. Dia bagus, lebih baik memainkannya di pertandingan resmi ketimbang hanya berlatih keras," terang pelatih Red Sparks.

Situasinya memang sedikit tricky. Ketika Red Sparks menarik Hye-seon dan memasukkan Seon-woo, maka di lapangan tidak memiliki setter saat mendapatkan momentum reset attack.

Hal ini perlu diantisipasi oleh pelatih Ko Hee-jin. Opsi paling masuk akal ialah memanfaatkan keberadaan libero yang memiliki keunggulan passing dalam mengkreasikan umpan, meski itu sebatas open spike atau back attack.

Sementara itu peran Megawati Hangestri Pertiwi tampaknya masih belum tergantikan di opposite hitter Red Sparks.

Saat Red Sparks kalah dari Pink Spiders, Megawati menjadi pencetak skor terbanyak untuk timnya dengan torehan 24 poin.

Red Sparks akan menghadapi Hi Pass pada laga keempat putaran kelima Liga Voli Putri Korea, Senin (11/2/2024) mendatang.

(Tribunnews.com/Giri)

Editor: Arif Tio Buqi Abdulah

Tag:  #megawati #tersentuh #pelatih #sparks #buka #opsi #rotasi #setter #utama #gegara #kalah #blocking

KOMENTAR