Ada Andil Shin Tae-yong dalam Keberhasilan Timnas Indonesia Juara eAsian Cup 2023
Timnas eSports Indonesia juara AFC eAsian Cup 2023. (Instagram @timnas.indonesia)
10:00
7 Februari 2024

Ada Andil Shin Tae-yong dalam Keberhasilan Timnas Indonesia Juara eAsian Cup 2023

Timnas Indonesia meraih gelar juara Piala Asia 2023 digital atau AFC eAsian Cup 2023 di Qatar. Pelatih Shin Tae-yong ternyata punya andil dalam keberhasilan tersebut.

Tim eSports Merah Putih berhasil menjadi juara setelah mengalahkan Jepang dalam laga final di Virtuocity eSports Arena, Doha, Senin (5/2/2024) malam WIB.

Di partai puncak, Timnas Indonesia menghajar Jepang dalam pertandingan berformat best of three.

Trio Akbar Paudie, Elga Cahya Putra, dan Rizky Faidan menang 2-0 lewat skor 3-2 di babak adu penalti setelah imbang 1-1 di pertemuan pertama, dan menang 1-0 pada laga kedua.

Dalam perjalanan merengkuh gelar juara, Timnas Indonesia tergabung di Grup D bersama Jepang dan Vietnam. Mereka tampil trengginas hingga finis sebagai juara grup.

Terlepas dari pencapaian hebat ini, keberhasilan Timnas Indonesia menjuarai eAsian Cup 2023 tak lepas dari peran Shin Tae-yong.

Timnas eSports Indonesia juara AFC eAsian Cup 2023. (YouTube AFC Asian Cup)Timnas eSports Indonesia juara AFC eAsian Cup 2023. (YouTube AFC Asian Cup)

Pasalnya, tim eSport Indonesia bisa tampil di eAsian Cup 2023 karena Timnas Indonesia berhasil dibawa Shin Tae-yong lolos ke Piala Asia 2023.

Sederhananya, para peserta eAsian Cup 2023 merupakan tim-tim yang berhasil lolos ke putaran final Piala Asia 2023.

Terkait eAsian Cup 2023, ajang ini merupakan kali pertama diselenggarakan AFC. Alhasil, Timnas Indonesia mencatatkan sejarah sebagai negara pertama yang menjuarainya.

Keberhasilan itu sedikit banyak menjadi penawar kekecewaan setelah Timnas Indonesia harus terhenti di babak 16 besar Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong disingkirkan Australia dengan skor 0-4. Meski demikian, melaju ke babak 16 besar menjadi prestasi tersendiri bagi Timnas Indonesia.

Pasalnya, ini merupakan kali pertama Timnas Indonesia lolos ke fase gugur Piala Asia setelah dalam empat edisi sebelumnya selalu terhenti di fase grup.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #andil #shin #yong #dalam #keberhasilan #timnas #indonesia #juara #easian #2023

KOMENTAR