Molor Lagi, VAR di BRI Liga 1 Baru Bisa Digunakan saat Championship Series
Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Ferry Paulus saat bincang-bincang dengan awak media di Jakarta, Selasa (6/2/2024). [Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha]
18:54
6 Pebruari 2024

Molor Lagi, VAR di BRI Liga 1 Baru Bisa Digunakan saat Championship Series

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Ferry Paulus mengatakan pemakaian VAR di BRI Liga 1 2023/2024 baru bisa diterapkan saat babak Championship Series. Itu setelah berbagai pertimbangan dari berbagai faktor.

Sebelumnya, penerapan VAR direncanakan pada putaran kedua Liga 1 musim ini. Namun, seiring berjalannya waktu, persiapan yang dilakukan belum maksimal.

Salah satu yang menjadi sorotan adalah mengenai SDM seperti perangkat pertandingan. Atas dasar it,u kesepakatan antara LIB selaku operator kompetisi dan PSSI bahwa VAR baru bisa dipakai saat Championship Series, alias saat kompetisi masuk fase gugur dengan empat tim teratas di klasemen akhir reguler nanti akan saling bertarung untuk gelar juara.

Ilustrasi Ruangan VAR. (fifa.com)Ilustrasi ruangan VAR. (doc. FIFA)

"Kami juga sudah kumpulkan klub untuk menyampaikan hal ini," kata Ferry Paulus saat bincang-bincang dengan awak media di Jakarta, Selasa (6/2/2024).

"Jadi kami ambil kesimpulan dan keputusan. PSSI juga sudah menyatakan untuk oke. Kami masukkan (VAR) di Championship Series saja," sambungnya.

Meski begitu, Ferry Paulus mengatakan uji coba VAR akan dilakukan sebelum itu. Tepatnya, ketika babak final pada ajang Elite Pro Academy U-20, kompetisi Liga 1 untuk usia muda.

"Tapi trial-nya akan kami gunakan karena memang ruangnya jadi lebih panjang. Mungkin kami akan final trial di Elite Pro Academy di Solo U-20," lanjutnya.

"Menurut FIFA, sebetulnya memungkinkan (VAR dipakai mulai Februari 2024). Tapi dengan banyaknya kompetisi, ada Liga 2, kemudian Elite Pro Academy, kemudian Liga 1 juga paralel, rasanya komite wasit juga kesulitan," tukas Ferry.

Adapun BRI Liga 1 2023/2024 akan menyelesaikan musim reguler pada 28 April 2024. Kemudian untuk babak Championship Series akan dilangsungkan pada 4-26 Mei 2024.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #molor #lagi #liga #baru #bisa #digunakan #saat #championship #series

KOMENTAR