Mengenal Klub Baru Elkan Baggott, Usiaanya Sudah 141 Tahun dan Punya Rivalitas dengan Mantan Tim
Elkan Baggott Saat Diperkenalkan oleh Bristol Rovers FC. (instagram.com/elkanbaggott)
15:12
2 Februari 2024

Mengenal Klub Baru Elkan Baggott, Usiaanya Sudah 141 Tahun dan Punya Rivalitas dengan Mantan Tim

Mengenal lebih jauh Bristol Rovers, klub kasta ketiga Liga Inggris atau League One yang menjadi pelabuhan baru bek Timnas Indonesia, Elkan Baggott.

Kabar bergabungnya Elkan Baggott sendiri diumumkan oleh Bristol Rovers tepat jelang penutupan bursa transfer musim dingin 2024.

“Pihak klub dengan senang hati mengumumkan bahwa Elkan Baggott telah bergabung dengan status pinjaman hingga akhir musim,” bunyi pernyataan Bristol Rovers.

Peminjaman ini sendiri akan berlaku untuk enam bulan ke depan, atau hingga perjalanan klub berjuluk The Pirates itu usai di musim 2023/2024.

Keputusan Ipswich Town meminjamkan Elkan Baggott tak lepas dari minimnya menit bermain yang ia dapatkan bersama tim utama musim ini.

Kebetulan, bek berusia 21 tahun itu juga tertarik bermain untuk Bristol Rovers usai berdiskusi dengan pelatih klub tersebut, yakni Matt Taylor.

“Saya sudah beberapa kali berbicara dengan manajer (Matt Taylor). Cara tim bermain di sini, lingkungannya, itu adalah sesuatu yang menurut saya sangat cocok untuk saya,” kata Elkan Baggott.

Lantas, seperti apa profil klub baru Elkan Baggott tersebut? Berikut rekam jejak Bristol Rovers sejak berdiri hingga saat ini.

Rival Klub Lama Elkan Baggott

Bristol Rovers merupakan klub asal Inggris yang berbasis di kota Bristol. Klub yang juga berjuluk The Gas ini bisa dikatakan salah satu klub tua di Inggris.

Pasalnya, Bristol Rovers berdiri pada tahun 1883 atau 141 tahun silam. Sebelum menjadi Bristol Rovers, klub ini sendiri berdiri dengan nama Black Arabs FC yang bermain di liga lokal.

Karena berasal dari kota Bristol, Bristol Rovers memiliki rival abadi pada diri Bristol City. Tapi The Pirates nyatanya juga memiliki rivalitas dengan klub lama Elkan Baggott, Cheltenham Town.

Dalam sejarahnya, Bristol Rovers juga sempat memiliki nama lain sebagai Eastville Rovers. Nama tersebut digunakan pada 1884, atau setahun setelah berdiri dengan nama Black Arabs FC.

Awalnya, Bristol Rovers bermain di Bristol and District League hingga 1889 dan kemudian bergabung Southern League yang kini dikenal sebagai kompetisi semi profesional.

Bristol Rovers bermain di Southern League dan sempat menjadi juara pada musim 1904/1905. Saat Southern League melebur ke Football League dan jadi liga kasta ketiga, The Pirates pun masih bertahan di kompetisi ini.

Dalam perjalanannya, Bristol Rovers tak selamanya bertahan di kasta ketiga saja. Tercatat mereka enam kali promosi ke kasta kedua dan tujuh kali degradasi.

Bristol Rovers pun belum pernah merasakan tampil di kasta teratas Inggris dan hanya naik turun kompetisi hingga saat ini.

Pencapaian terbaik Bristol Rovers selama berdiri adalah saat berhasil menembus divisi dua dan finis peringkat keenam dengan jarak empat poin pada musim 1955/1956.

Meski banyak bermain di kasta bawah, Bristol Rovers tetap mampu meraih beragam gelar seperti juara divisi tiga sebanyak dua kali, dan sekali juara Southern League serta Western League.

Kontributor: Felix Indra Jaya

Editor: Irwan Febri

Tag:  #mengenal #klub #baru #elkan #baggott #usiaanya #sudah #tahun #punya #rivalitas #dengan #mantan

KOMENTAR