Gokart Avenue Bisa Jadi Ladang Pembibitan Pembalap Profesional
Kehadiran Gokart Avanue untuk hasilkan bibit unggul olah raga balap. (Dony)
23:30
9 Oktober 2024

Gokart Avenue Bisa Jadi Ladang Pembibitan Pembalap Profesional

- Melihat industri motorsport Indonesia mengalami perkembangan positif, menjadi salah satu alasan munculnya Gokart Avenue yang merupakan rental gokart dengan fasilitas sirkuit.

Tempat ini menawarkan pengalaman balapan baru bagi pecinta olah raga balap. Selain mampu menguji adrenalin namun tetap aman untuk pembalap pemula hingga anak-anak yang tertarik untuk memulai hobi balap.

Direktur Utama PT Sarana Akselerasi sebagai pengelola arena Gokart Avenue, Romy Tahrizi dalam jumpa pers di Lebak Bulus, Jakarta Selatan (9/10) mengatakan bahwa Gokart Avenue ini memang diinisiasi untuk mengembangkan balap gokart di tanah air. Bahkan menurutnya fasilitas rental seperti ini masih jarang.

"Karena kita tahu, saat ini kita masih sangat minim memiliki layanan rental gokart yang bisa merepresentasikan untuk para mereka yang expert, serta mereka yang masih pemula atau rookie,” jelas Romy Tahrizi.

Secara latar belakang, konsep arena Gokart Avenue memang memiliki perbedaan dibandingkan dengan arena lain. Mulai dari kondisi lintasan yang menggunakan aspal dengan kualitas baik, timing system online, hingga ragam layout sirkuit yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Mobil gokart yang digunakan merupakan besutan SODI Kart RT 8. Model ini dilengkapi dengan fitur keamanan tambahan yang membantu melindungi pegokart saat balapan, dibekali mesin Honda GX 270 dengan kapasitas 390 cc.

Gokart yang digunakan bisa disesuaikan kecepatannya baik untuk pemula atau expert. (Dony)

Desain gokart ini dirakit secara langsung di Prancis dan menggunakan bahan bakar bensin.

Romy juga menambahkan bahwa kehadiran arena ini memang ditujukan untuk mengembangkan industri balap gokart di Tanah Air yang tengah mengalami pertumbuhan cukup pesat.

“Gokart Avenue ini memang diinisiasi untuk mengembangkan balap gokart di Tanah Air. Lokasi strategis menjadi nilai plus karena mudah dijangkau tanpa harus menuju ke Sirkuit Karting Sentul, yang berada di Bogor, Jawa Barat" ujarnya.

Untuk menopang kebutuhan para penggunanya, baik dari kalangan Rookie atau Expert, pengelola gokart Avenue ini memiliki dua tingkatan yang dapat disesuaikan oleh penggunanya.

Bagi yang baru pertama kali bermain gokart atau Rookie, pengelola akan membatasi speed dengan yang sudah ditentukan. Sedangkan untuk mereka yang memang sudah Expert, kecepatan pun akan disesuaikan dan layout lintasan juga akan dibuat lebih menantang untuk mengasah kemampuan.

Sementara Ziko Harnadi, atlit drifter Nasional dan juga Direktur PT Sarana Akselerasi menambahkan bahwa ditempat tersebut juga diajarkan terkait cara mengendarai gokart dengan baik dan benar.

"Gokart menjadi jenjang awal untuk meningkatkan skill, karena semua jenis balap pasti dimulai dari gokart,” kata Ziko.

“Gokart dapat melatih (pembalap) dasar-dasarnya, seperti (teknik) steering wheel, speed, dan lainnya. Ini menjadi basic learning yang harapannya pembalap muda bermunculan dan bisa memajukan industri motorsport Indonesia,” ujarnya menambahkan.

Untuk menambah semangat para customer, juga akan ada kejuaraan untuk mengasah kemampuan mereka dalam mengendarai gokart tapi dengan kemasan kompetisi yang menarik dan menyenangkan, sehingga membantu para pembalap muda untuk berkarir ke jenjang balap profesional yang lebih tinggi.

Bahkan nantinya customer yang serius menekuni jenjang balap, Gokart Avenue akan membuka academy Gokart yang terbuka untuk umum dan akan dilatih oleh para pembalap profesional dalam beberapa waktu mendatang.

Bicara mengenai karakter sirkuit Gokart Avenue, untuk kategori Rookie pengelola telah menyiapkan panjang lintasan 210 meter dengan total 12 tikungan. Sementara untuk layout kategori Expert, panjang lintasannya dibuat menjadi 310 meter dengan 16 tikungan.

Editor: Dony Lesmana Eko Putra

Tag:  #gokart #avenue #bisa #jadi #ladang #pembibitan #pembalap #profesional

KOMENTAR