Apa Kabar Andi Muhammad Guntur? Kiper yang Dibobol 10 Gol oleh Pemain Bahrain
Apa Kabar Andi Muhammad Guntur? Kiper yang Dibobol 10 Gol oleh Pemain Bahrain [Tangkap layar Instagram]
23:06
9 Oktober 2024

Apa Kabar Andi Muhammad Guntur? Kiper yang Dibobol 10 Gol oleh Pemain Bahrain

Bertempat di Stadion Nasional Bahrain, Manama, Timnas Indonesia pada 29 Februari 2012 mengalami salah satu fase terburuk sepanjang sejarah.

Saat itu, tim yang dilatih Aji Santoso melawan Bahrain dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2014 grup E. Di sisi tuan rumah, Bahrain wajib menang 9 gol untuk bisa melewati Qatar dan lolos ke fase kualifikasi berikutnya.

Sedangakn tim tamu di kondisi sangat buruk. Pasukan Aji Santoso dalam di semua pertandingan grup E dan sudah kebobolan 16 gol.

Kondisi ini diperburuk dengan adanya dualisme liga dan PSSI. Pemain yang bermain di Liga Super Indonesia dilarang untuk membela tim nasional. Skuat Merah Putih saat itu dihuni pemain dari kompetisi tandingan, Indonesia Premier League.

Baca Juga: Disanksi Tambahan Larangan Tanding, Marc Klok Luapkan Unek-unek

Timnas Indonesia Pernah Dikuliti Bahrain, Erick Thohir: Kita Berdosa [Tangkap layar Youtube]Timnas Indonesia Pernah Dikuliti Bahrain, Erick Thohir: Kita Berdosa [Tangkap layar Youtube]

Jika menilik dari sejarah, sebelum dibantai 0-10 oleh Bahrain, Timnas Indonesia kalah telak terakhir pada 1974 saat dipecundangi oleh Denmark 0-9.

Saat itu, Aji Santoso memasang kiper Syamsidar di bawah mistar gawang. Sayangnya kiper Luwu itu hanya main 3 menit setelah mendapat kartu merah dari wasit Andre El Haddad dari Lebanon.

Aji pun menarik keluar Slamet Nurcahyo dengan kiper Andi Muhammad Guntur. Kiper asal Sulsel itu kebobolan di menit ke-4 lewat eksekusi penalti Ismail Abdul-Latif.

Kembali kebobolan pada menit ke-16 lewat gol Mohammed Tayeb Al Alawi, Andi sempat bermain apik dan menggagalkan sejumlah peluang Bahrain.

Bahkan Andi Muhammad di laga itu meski akhirnya kebobolan 10 gol masih mampu gagalkan 2 dari 4 penalti Bahrian. Andi Muhammad ialah pemain binaan PSM Makassar.

Baca Juga: Timnas Indonesia Pernah Dikuliti Bahrain, Erick Thohir: Ya Wajar

Apa Kabar Andi Muhammad Guntur? Kiper yang Dibobol 10 Gol oleh Pemain Bahrain [Tangkap layar Instagram]Apa Kabar Andi Muhammad Guntur? Kiper yang Dibobol 10 Gol oleh Pemain Bahrain [Tangkap layar Instagram]

Ia sempat membela Makassar United di era IPL. Andi kemudian pensiun dari sepak bola. Pertandingan melawan Bahrain jadi satu-satunya caps Andi bersama Timnas Indonesia.

Lantas bagaiaman kabar Andi Muhammad Guntur sekarang? Di unggahn akun Instagram miliknya, Andi sempat unggah foto saat ia berhasil meraih gelar sarjana pada 2015.

"Akhirnya sarjana juga,,alhamdulillahh," tulis Andi pada 10 Februari 2015.

Pada postingan yang lain, Andi saat ini fokus bersama dengan istri dan anak-anaknya. Postingan terakhir di akun Instagram @a.m.guntur tercatat di tanggal 21 Februari 2015.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #kabar #andi #muhammad #guntur #kiper #yang #dibobol #oleh #pemain #bahrain

KOMENTAR