Timnas Indonesia Berencana Bawa Dua Bintang Eredivisie saat Hadapi Vietnam pada Maret
Starting eleven Timnas Indonesia pada laga Piala Asia 2023 kontra Australia di Doha, Qatar. [HECTOR RETAMAL / AFP]
17:30
31 Januari 2024

Timnas Indonesia Berencana Bawa Dua Bintang Eredivisie saat Hadapi Vietnam pada Maret

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, berharap tiga calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia yakni Thom Haye, Ragnar Oratmangoen dan Nathan Tjoe-A-On bisa tampil di Kualifikasi Piala DUnia 2026 pada Maret mendatang.

Ketiga pemain keturunan tersebut saat ini tengah menjalani proses naturalisasi. Khusus untuk Nathan, bek milik Swansea City itu tinggal menunggu sumpah pewarganegaraan.

Nathan sudah lebih dulu menjalani proses naturalisasi. Namun, proses sumpah perwarganegaraannya harus mundur karena tak dapat izin meninggalkan klub pada Desember lalu.

Pada akhir tahun lalu, hanya Jay Idzes yang akhirnya menjalani proses tersebut dan telah resmi dinaturalisasi demi tampil untuk Timnas Indonesia.

Erick Thohir berharap para pemain ini sudah bisa memperkuat Timnas Indonesia dalam lanjutan Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada Maret mendatang.

"Kita masih menunggu Thom Haye untuk midfielder dan Oratmangoen di posisi depan," kata Erick Thohir.

Ragnar Oratmangoen (Kiri), Calon Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia. (Instagram/0ratmangoen)Ragnar Oratmangoen (Kiri), Calon Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia. (Instagram/0ratmangoen)

"Itu dua, kita juga masih menunggu Nathan yang umurnya 21, siapa tahu bisa masuk U-23 [Piala Asia U-23]," tambahnya.

Terkait Thom Haye dan Oratmangoen, kedua pemain saat ini berkarier di kasta teratas Liga Belanda atau Eredivisie.

Thom yang berusia 28 tahun kini membela SC Heerenveen, sementara Ragnar Oratmangoen yang berusia 26 tahun tengah menjalani masa peminjaman di Fortuna Sittard.

Kehadiran dua bintang Eredivisie plus Nathan dan Jay Idzes diyakini bakal meningkatkan kekuatan Timnas Indonesia pada Maret mendatang di mana skuad Garuda sudah ditunggu Vietnam dalam dua laga back-to-back.

Tim asuhan Shin Tae-yong butuh hasil positif untuk menjaga asa lolos ke fase berikutnya, mengingat pada dua pertandingan pertama Grup F, mereka tak mendapatkan hasil maksimal.

Timnas Indonesia dibantai Irak 1-5 di Basra sebelum secara mengejutkan ditahan imbang Filipina dengan skor 1-1 di Stadion Rizal Memorial, Manila pada November tahun lalu.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #timnas #indonesia #berencana #bawa #bintang #eredivisie #saat #hadapi #vietnam #pada #maret

KOMENTAR