Ngerinya Timnas Malaysia, Punya 12 Pemain Keturunan Grade A yang Siap Dinaturalisasi
Dua kemenangan Malaysia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 bawa mereka jadi yang tersukses di Asia Tenggara.
13:42
30 Januari 2024

Ngerinya Timnas Malaysia, Punya 12 Pemain Keturunan Grade A yang Siap Dinaturalisasi

Kegagalan Malaysia di Piala Asia 2023 memotivasi Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) untuk mencari pemain keturunan yang berkarir di luar negeri.

Berita Harian Malaysia melaporkan setidaknya terdapat 12 pemain keturunan yang bisa didekati oleh FAM untuk memperkuat tim nasional Harimau Malaya.

Berdasarkan informasi dari situs pencari bakat Frfuturetalents, salah satu calon pemain yang dapat memperkuat Malaysia adalah Naim Garcia.

Naim Garcia merupakan winger yang saat ini memperkuat Barcelona B,. Dia merupakan pemain keturunan berdarah Malaysia-Spanyol.

Dengan usia 21 tahun, Naim Garcia berpotensi menjadi bintang baru bagi Malaysia jika FAM berhasil membujuknya.

Selain itu ada gelandang klub Heracles Almelo, Sem Scherperman (21 tahun) yang memiliki darah Malaysia melalui neneknya.

Timnas Malaysia saat menghadapi Suriah dalam laga uji coba jelang Piala Asia 2023. Pertandingan di Stadion Grand Hamad, Doha, Qatar, Selasa (9/1/2023) dini hari WIB itu rampung dengan skor 2-2. [Dok. FA Malaysia]Timnas Malaysia saat menghadapi Suriah dalam laga uji coba jelang Piala Asia 2023. Pertandingan di Stadion Grand Hamad, Doha, Qatar, Selasa (9/1/2023) dini hari WIB itu rampung dengan skor 2-2. [Dok. FA Malaysia]

Rekan satu timnya, Diego Van Oorshot, juga punya darah Malaysia dari neneknya. Bek senior Go Ahead Eagles, Mats Deijl (26 tahun) juga punya darah Malaysia dari sang ayah.

Tak hanya mereka, terdapat juga gelandang klub Inggris Wigan Athletic yang bisa dinaturalisasi Malaysia. Dia adalah Christopher John Bernard Sze (20 tahun).

Pemain Manchester United U-21, Ethan Joseph Wheatly, dan gelandang Manchester City U-17, Daniel Batty, juga memiliki ikatan kekeluargaan dengan Malaysia melalui nenek dan ibu kandung mereka.

Dari Inggris, pemain Birmingham City, Alfie James Chang, berhak membela Malaysia karena keturunan ayahnya.

Jason van Duiven dan Robin van Duiven, bersaudara, juga punya darah Malaysia dari nenek mereka. Jason bermain sebagai striker di PSV Eindhoven, sementara Robin membela PSV Eindhoven U-18.

Danish Haady Dawood Pesenti (18 tahun) dan Daniel Hylmi Dawood Pesenti (20 tahun), kakak beradik berdarah Malaysia dari ibu kandung, dapat menjadi opsi berharga.

Saat ini, Danish Haady bermain di klub Italia, Arenzano FC, dan Daniel Hylmi membela GSD Olimpic 1971. Semua ini menambah variasi dan opsi yang berharga bagi timnas Harimau Malaya.

Semua ini membuka peluang bagi FAM untuk memperkaya timnas Harimau Malaya dengan para pemain keturunan Grade A yang tampil diberbagai penjuru klub Eropa.

Sebelumnya, Malaysia telah mengandalkan kehadiran 14 pemain naturalisasi dan keturunan dalam skuat Piala Asia 2023.

Meskipun dengan keberagaman tersebut, Malaysia masih belum mampu melangkah dari fase penyisihan Grup E.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #ngerinya #timnas #malaysia #punya #pemain #keturunan #grade #yang #siap #dinaturalisasi

KOMENTAR